Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

God Bless Berolahraga dengan Bermusik

Kompas.com - 12/09/2014, 15:31 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Usia ketiga personel grup rock legendaris God Bless sudah 60-an tahun. Meskipun demikian, Achmad Albar atau Iyek (vokal), Ian Antono (gitar), dan Donny Fattah (bas) terlihat relatif mampu menjaga stamina ketika menyanyi dan bermain musik dalam durasi lebih dari satu jam di panggung, sebagaimana dalam konser To Commemorate God Bless 1973-2014 di Bandung, Jawa Barat, pada 30 Agustus 2014. Apa rahasia mereka?

"Enggak ada yang khusus, bersyukur saja masih diberi kesehatan, (padahal) olahraga saja enggak kontinu," kata Iyek seusai live streaming K-akustik, yang disiarkan Kompas.com dari Studio Sinergi, Jakarta, Kamis (10/9/2014).

Padahal, mereka mengaku jarang berolahraga pada usia itu.

"Kalau dulu renang, jogging, kalau sekarang tar sok (entar besok alias menunda) tar sok melulu," ujar Iyek lalu tertawa.

Meskipun demikian, mereka tetap berenergi ketika berlatih di studio.

"Kalau latihan rutin, itu juga sudah olahraga keras sih," ucap Ian.

"Kalau enggak latihan, stres juga, bikin habis tenaga," sambungnya.

Dengan menjadikan bermusik sebagai olahraga, ketiganya terbukti masih bisa meladeni tur God Bless di luar Pulau Jawa. "Kami masih tur, di luar Jawa, kayak di Sumatera," kata Donny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com