Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persembahan Memes untuk Seabad Ismail Marzuki

Kompas.com - 28/01/2015, 21:57 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah 20 tahun berkarier di industri musik Tanah Air, kini penyanyi Meidyana Maimunah alias Memes merilis album terbarunya, Lief Java, di Galeri Indonesia Kaya (GIK), Grand Indonesia West Mall, Jakarta Pusat, Rabu (28/1/2015).

Menurut Memes, album Lief Java itu diambil dari bahasa Belanda yang memiliki makna yaitu Jawa yang indah. Album tersebut berisi 10 lagu yang berasal dari sembilan lagu komposer sekaligus pencipta lagu legendaris Indonesia, Ismal Marzuki, dan sebuah lagu dari artis musik Is Haryanto.

Untuk proses produksi album tersebut, Memes sengaja melibatkan sang suami, aranjer Addie MS, untuk mencipta album yang berbeda dari sebelumnya.

Memes dan Addie bersepakat mengaransemen karya-karya Ismail Marzuki sebagai materi Lief Java sekaligus untuk memperingati 100 tahun atau seabad musisi besar yang lahir di Jakarta pada 11 Mei 1914 tersebut.

"Terus Mas Addie bilang pakai aja lagu-lagu yang evergreen, dan kebetulan tahun 2014 itu seratus tahunnya usia Ismail Marzuki," cerita Memes dalam jumpa pers peluncuran album Lief Java, Rabu.

Album ke-10 Memes ini merupakan album spesial yang didedikasikan khusus untuk karya-karya legendaris dari Ismail Marzuki yang bisa menjadi warisan untuk generasi mendatang. Bekerja sama dengan Platinum Record, Memes memerlukan waktu sembilan bulan untuk menyelesaikan seluruh proses rekaman dan telah didistribusikan dalam bentuk CD album dan digital mulai Desember 2014.

Lagu-lagu "Payung Fantasi", "Saputangan dari Bandung Selatan", "Juwita Malam", "Dari Mana Datangnya Asmara", "Tinggi Gunung Seribu Janji", "Rindu Lukisan", "Sepanjang Jalan Kenangan", "Selendang Sutera", "Sabda Alam", dan "Bunga Anggrek" disajikan secara indah dalam album Lief Java dengan sentuhan jazzy dan orkestra yang megah dari Addie sehingga lagu-lagu di album ini sangat mudah didengarkan oleh semua kalangan.

"Kebetulan aku suka banget lagu-lagu jazz. Tapi saya juga butuh waktu membawakan lagu lebih jazzy. Karena kan genre aku biasanya pop. Saya pun mempelajari genre lagu dan isi lagu-lagu karya Ismail Marzuki," katanya.

Dalam menggarap album Lief Java ini, selain bekerja sama dengan Addie, Memes juga melibatkan banyak musisi Indonesia, antara lain Glen Dauna, Andrew Darmoko, Boby Limijaya, Yance Manusama, dan Rega Dauna. Tak cukup sampai di situ saja, Memes dan Addie juga bekerja sama dengan City of Prague Philharmonic Orchestra, sebuah grup orkestra asal Ceko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com