Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandai Besi: Energi untuk Berubah

Kompas.com - 20/02/2015, 15:12 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Kelompok Pandai Besi tetap berpentas meski ditinggal vokalis utama sekaligus pemain gitar, Cholil Mahmud, ke New York, Amerika Serikat, untuk sekolah sejak 2014. Hampir tiap pekan, kelompok beranggota sembilan orang ini manggung. Mereka bahkan bersiap melepas lagu baru di luar bayang-bayang "saudara kembarnya", Efek Rumah Kaca (ERK).

"Ada atau tidak ada Cholil, kami tetap lanjut," tegas Monica Hapsari, penyanyi Pandai Besi, seusai berpentas di ruangrupa, Tebet, Jakarta Selatan, pekan lalu.

Monica mengatakan, selama ini Pandai Besi meniadakan sosok frontman. Selain dirinya, ada Nastasha Abigail yang juga menyanyi, serta Poppy Airil, pemetik bas yang menyanyi di lagu "Desember".

Monica menyebutkan, Cholil kemungkinan akan pulang ke Tanah Air tahun ini. Kepulangan itu diperkirakan bakal membawa perubahan di tubuh Pandai Besi.

"Musik adalah energi yang tidak pernah mati. Ia akan selalu berubah. Nanti pasti ketemu pola baru lagi," kata Monica yang juga seorang ilustrator ini.

Selain berpentas nyaris setiap akhir pekan, band yang dibentuk tahun 2012 ini akan melepas album baru. Untuk mengawalinya, mereka akan meluncurkan lagu baru dalam waktu dekat ini. Judul lagu itu belum boleh dipublikasikan.

Pada album berikutnya nanti, Pandai Besi tidak lagi "menempa" ulang lagu milik ERK, seperti di album perdana, Daur Baur, yang direkam di studio Lokananta, Solo, Jateng. Setiap anggota Pandai Besi menyumbangkan lagu ciptaan mereka.

Pandai Besi dibentuk oleh Cholil dan Akbar Bagus Sudibyo (drum) dari band ERK. Pandai Besi juga dihuni oleh Muhammad Asranur (kibor), Agustinus Panji Mahardika (trompet), Dito Buditrianto (gitar), dan David Qlintang (gitar). (HEI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com