Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Teater, Teuku Rifnu Wikana Andalkan Tubuh dan Sukma

Kompas.com - 13/03/2015, 16:03 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Teuku Rifnu Wikana (34) mengutamakan tubuh dan sukma ketika bermain teater. Hal itu dinyatakannya berkait dengan keterlibatannya dalam pertunjukan teater berjudul Subversif!, yang diadakan di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, pada 12-14 Maret 2015.

"Kalau teater, yang paling diutamakan sebenarnya adalah tubuh dan sukmanya ya," ucap pria yang biasa dipanggil Wika ini ketika diwawancara oleh Kompas.com, setelah menjalani latihan di kawasan Cempaka Putih, Jakarta, pada 5 Maret 2015, untuk tampil dalam pementasan itu.

"Jadi, tubuh harus sehat, pikirannya harus sehat, semuanya harus tenang. Maka, ada olah tubuh, lari, ketika latihan, supaya tubuh itu relax ketikamain teater," terangnya.

Selain itu, Wika juga menekankan pentingnya kedisiplinan dalam teater.

"Main teater dan film tidak jauh beda sebenarnya. Hanya saja, kalau di teater disiplin sangat ditekankan," katanya.

"Proses persiapan dalam teater pun lebih panjang ya. Kalau di film kita reading dua minggu sampai sebulan, kalau di teater bisa sampai enam-delapan bulan. Contohnya, ya di teater Subversif! ini, persiapan sudah dimulai dari bulan puasa tahun lalu (Juli 2014)," katanya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com