Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi El, Julie Estelle Kembali Bersekolah

Kompas.com - 07/04/2015, 18:25 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Demi menghidupkan karakter El, seorang foodblogger asal Perancis yang berkeliling Asia hanya untuk meneliti kopi dalam film Filosofi Kopi, artis peran dan model Julie Estelle (26) mengaku harus mengikuti kelas khusus di sekolah ABCD Coffee, Pasar Santa Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Karena saya berperan sebagai foodblogger, banyak yang harus saya pelajari dari kopi. Saya sempat ikut sekolah, kelas dari ABCD. Saya juga harus coba kopi origin dari Indonesia, misalnya kopi gayo, kopi toraja, dan semua karakter-karekter kopi dengan yang pernah saya explorer," ujar Julie dalam wawancara usai press screening film Filosofi Kopi yang dibintanginya, di XXI Epicentrum Walk, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (7/4/2015).

Menurut Julie, selama empat hari mengikuti kelas ABCD Coffee, dirinya banyak belajar tentang sejarah kopi. Misalnya, kapan kali pertama kopi ditemukan. "Banyak belajar. Saya juga belajar bagaimana proses pembuatan kopi. Pokoknya seluruh proses pembuatan kopi. Ternyata itu kompleks banget," ucapnya.

Adik kandung VJ MTV Cathy Sharon ini akhirnya menyadari bahwa setiap jenis kopi memiliki karakter rasa dan aroma yang berbeda-beda. "Saya baru tahu (kopi) ada rasa cokelat, rasa fruiti, rempah-rempah, bahkan kacang-kacangan," kata dia.

Namun, Julie mengaku tidak puas dengan kesempatan belajar selama empat hari. Karena itu, sejak September 2014 hingga Januari 2015, dirinya sengaja menghadiri berbagai macam workshop mengenai kopi sekaligus menambah pengetahuannya dengan membaca buku-buku referensi.

"Saya juga keliling pengunungan, ke perkebunan kopi, dari mulai dipetik sampai pengeringan dan fermentasi," imbuh kekasih pebalap nasional yang kini menjadi anggota dewan, Moreno Soeprapto.

Berkait dengan Filosofi Kopi yang bakal diputar serempak di gedung-gedung bioskop Tanah Air mulai 9 April 2015 ini, Julie menyampaikan rasa takjubnya kepada Indonesia yang saat ini menempati urutan keempat sebagai produsen kopi terbaik di dunia.

"Mudah-mudahan dengan film ini kita bisa lebih apresiasi terhadap petani kopi di Indonesia dan menghargai produk sini," ucap Julie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com