Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Meninggal BB King Memaksa untuk Tampil

Kompas.com - 16/05/2015, 09:06 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

Sumber Aceshowbiz
LAS VEGAS, KOMPAS.com -- Gitaris legendaris musik blues, BB King meninggal dunia di usia 89 di rumahnya di Las Vegas, AS pada Kamis (14/5/2015) pukul 21.40 waktu setempat. Keterangan tersebut seperti dilaporkan The Assosiated Press dengan mengutip keterangan dari kuasa hukum King, Brent Bryson.

Sebelum meninggal, King telah dalam kondisi kesehatan yang tidak baik, tetapi sang gitaris tetap memaksakan diri untuk tampil di panggung. Oktober tahun lalu, King sempat ambruk ketika tampil di sebuah konser di Chicago, AS. (Baca: Legenda Blues, BB King Meninggal karena Diabetes)

Ketika itu, ia mengaku mengalami dehidrasi dan kelelahan sehingga ambruk ketika pentas. Tak lama setelah kejadian itu, King juga sempat dirawat di rumah sakit akibat tekanan darah tinggi dan diabetes.

BB King lahir di Mississipi pada 16 September 1925 dengan nama Riley B. King. Selama kariernya, ia telah merekam lebih dari 50 album yang terjual jutaan copy di seluruh dunia. B.B King terkenal sebagai musisi blues dengan hits-nya yang sangat populer antara lain "Three O'Clock Blues" (1952), "The Thrill Is Gone" (1970), dan lagu duetnya dengan grup band U2 "When Love Comes to Town" (1989).

Atas kariernya yang cemerlang, King masuk dalam The Blues Foundation Hall of Fame pada 1984, Rock and Roll Hall of Fame pada 1987, dan menerima penghargaan The Songwriters Hall of Fame Lifetime Achievement pada 1990. Selain itu, ia juga pernah memenangkan 15 piala Grammy Awards dan mendapat gelar Doktor Kehormatan dari Yale University dan Brown University.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com