Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donny Fattah Gagola Tiga Tahun Berhenti Merokok

Kompas.com - 12/06/2015, 03:27 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Semenjak didiagnosa menderita penyakit jantung pada 2012 lalu, pemain bas yang juga salah satu pendiri grup rock legendaris God Bless, Donny Fattah Gagola (65), akhirnya memutuskan berhenti merokok.

"Kebetulan saya sakit jantung tahun 2012. Saya jadi berhenti merokok, minuman keras, dan begadang," ujar Donny dalam wawancara di Kafe Rolling Stone, Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu (10/6/2015).

Menurut Donny, ketika muda dirinya tidak pernah memerhatikan kondisi kesehatannya. Setelah mengetahui penyakitnya, dia pun mulai giat menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

"Hidup jadi harus lebih teratur dengan pengalaman sakit jantung," kata dia. "Ternyata ada efektifnya," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, pemain bas grup rock legendaris God Bless, Donny Fattah Gagola (62), telah menjalani operasi jantung di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat, Minggu (29/1/2012) sore.

"Ya benar, sudah dioperasi kemarin (Minggu) di Rumah Sakit Harapan Kita. Ini mengagetkan kami," kata gitaris God Bless, Ian Antono, ketika dikonfirmasi oleh Kompas.com per telepon di Jakarta, Senin (30/1/2012).

Dalam bedah yang dilakukan pada Minggu sore kira-kira pukul 17.00 WIB ketika itu, dua buah ring khusus dipasang di pembuluh darah yang menuju ke jantung Donny. "Dipasangnya dua," kata Ian lagi.

Sebelum operasi tersebut, Donny sempat dilarikan ke Rumah Sakit Cinere, Depok, Jawa Barat. Tak lama kemudian, Donny dirujuk ke Rumah Sakit Harapan Kita. "Dia sempat dibawa ke Rumah Sakit Cinere. Dari sana dirujuk ke Rumah Sakit Harapan Kita. Setelah diperiksa, dia harus segera dioperasi hari itu juga," terang Ian.

Hingga saat ini, Donny masih berada di ruang ICU untuk pemulihan. "Kondisinya mulai pulih, tapi masih di ICU," terang Ian lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com