Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rihanna, Artis Musik Pertama Raih 100 Juta Lebih Sertifikasi Lagu versi RIAA

Kompas.com - 03/07/2015, 11:47 WIB
Thalia Shelyndra Wendranirsa

Penulis

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Recording Industry Association of America (RIAA) pada Rabu lalu (1/7/2015) waktu setempat mengumumkan bahwa vokalis Rihanna, dengan lagu-lagunya, telah meraih lebih dari 100 juta sertifikasi gold & platinum. Artinya,  lagu-lagunya telah mencapai jumlah download dan streaming lebih dari 100 juta.

Hal itu menempatkan Rihanna pada posisi nomor satu dalam daftar artis musik dengan penghargaan-penghargaan the most digital single versi RIAA dan menjadikannya artis musik pertama yang mampu melewati 100 juta sertifikasi untuk single-single akumulatif versi RIAA.

"Gold & Platinum merupakan cara utama dalam industri musik untuk merayakan keberhasilan dalam pasar," sebut Cary Sherman, Chairman dan CEO RIAA, dalam pernyataan tertulis yang dikeluarkan untuk pers oleh pihak RIAA.

"Kami sudah memberikan penghargaan-penghargaan kepada banyak artis musik dalam hampir 60 tahun ini, tetapi sangat langka kami menemukan pencapaian seperti apa yang diraih oleh Rihanna. Selamat untuk Rihanna! Ia bukan hanya melewati RIAA dengan pencapaian 100 juta sertifikasi, melainkan juga menjadi artis pertama yang bisa melakukan itu. Ini merupakan momen sejarah dan pembuktian karier yang luar biasa," lanjutnya.

Pernyataan tertulis yang dikeluarkan untuk pers oleh pihak RIAA itu juga menerangkan bahwa penghargaan tersebut meliputi 37 lagu yang berbeda selama perjalanan karier Rihanna hingga kini, termasuk sembilan kali penghargaan multi-platinum untuk lagu "We Found Love", enam kali multi-platinum untuk "Stay", "What's My Name", dan "Only Girl (In the World)", serta dua kali multi-platinum untuk lagu terbarunya, "FourFiveSeconds", satu platinum untuk "Bitch Better Have My Money", dan masih banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com