Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daripada Merepotkan Orangtua, d'Masiv Pilih Ngamen

Kompas.com - 11/09/2015, 11:27 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pada 2004-2005, sebelum masuk ke industri musik Tanah Air, band d'Masiv, yang terdiri dari Rian Ekky Pradipta (vokal), Dwiki Aditya Marsall (gitar), Nurul Damar Ramadan (gitar), Rayyi Kurniawan Iskandar Dinata (bas), dan Wahyu Piadji (drum), pernah memilih mengamen daripada merepotkan orangtua mereka dengan meminta uang untuk biaya latihan musik dan rekaman lagu.

"Dulu biar kami enggak ngerepotin orangtua, kami ngamen. Kami pernah ngamen di bus dan tempat makan," kenang Rian, yang bersama rekan-rekan d'Masiv-nya telah tampil bareng Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ) Bulungan, di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Senin lalu (7/9/2015).

Lanjut Rian, dengan mengamen, mereka bisa mendapatkan sendiri uang untuk menyewa studio latihan musik dan mencicil rekaman album.

"Dulu zaman SMA, tahun 2004 dan 2005, kami sering ngamen," ceritanya.

"Kami ngamen dulu bukan untuk mata pencaharian, tapi untuk cari duit buat latihan nge-band sama rekaman. Kami ngamen bolak-balik naik bus jurusan Blok M-Ciledug," sambungnya.

Karena itu, untuk mengenang perjalanan karier mereka yang bermula dari jadi pengamen jalanan, d'Masiv mengajak KPJ Bulungan tampil bareng untuk ikut mempromosikan lagu "Kau yang Kusayang", yang dicipta oleh mendiang artis musik legendaris Rinto Harahap.

Lagu tersebut dibawakan ulang oleh d'Masiv sebagai bagian dari album kompilasi Kami Mengenang Rinto Harahap, yang dirilis pada 2015.

"Kami ingin kasih tahu ke generasi muda era sekarang. Kami ingin jadi penyambung supaya generasi muda tahu, kalau enggak ada Om Rinto Harahap, mungkin musik Indonesia enggak yang kayak sekarang," ujar Rian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com