Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stereocase Lanjutkan Kejutan dengan "SNUP"

Kompas.com - 03/02/2016, 14:05 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com -- Pada awalnya, publik mengenal grup band Stereocase sebagai unit rock alternatif yang terdiri dari duo Fadli Rezasyah (vokal) dan Iqif (drum, synth).

Namun, sebuah kejutan tercipta ketika mereka merilis single baru "All Night Long" yang memuat elemen elektronika pada November 2015 lalu.

Kini, kejutan tersebut berlanjut pada lagu"SNUP" yang menjadi single kedua mereka untuk album baru yang akan datang. Pengaruh elektronika semakin kental, menghasilkan irama dance yang mengentak.

Mereka seolah menuruti perkataan orang bijak, "Satu-satunya hal yang konstan adalah perubahan". Meski begitu, Stereocase tidak meninggalkan akar mereka sebagai band.

"Stereocase selalu membuat sesuatu yang kami suka dan kami bisa. Dari dulu, kami selalu eksplorasi sound tapi bagaimana caranya tetap terdengar seperti Stereocase. Walaupun sekarang pengaruh elektroniknya lebih terasa, hampir semua instrumen tetap kami rekam secara nyata sehingga unsur band enggak akan hilang," ujar Fadli dalam surat elektronik yang dikirimnya kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

Fadli juga menyatakan, single "SNUP" sebetulnya berupaya menampilkan sisi klasik Stereocase yang tak asing bagi penggemar mereka yang disebut Stereopeople.

"Dengan sound dan pendekatan yang lebih segar, kami ingin mengingatkan kepada pendengar bahwa walaupun bakal ada banyak perbedaan dalam album baru, tetapi benang merah lagu-lagu Stereocase tidak akan kami hilangkan," kata Fadli.

Untuk menemukan formula yang jitu untuk album terbaru nanti, Fadli dan Iqif kembali menggunakan resep lama, yakni dengan metode jamming seperti yang pernah mereka lakukan pada album perdana, Bicara.

Iqif, yang mengisi hampir semua instrumen untuk "SNUP", menjabarkan perbedaan proses produksi single terkini mereka.

"Bedanya, kali ini gue dan Fadli tidak hanya duduk di depan instrumen masing-masing, melainkan langsung fokus membentuk aransemen dan detail lagunya di semua instrumen yang ada bersama produser Adhe Arrio," jelas Iqif.

"Setelah proses jamming selesai, gue kemudian mengerjakan notasi lagu dan Fadli menulis liriknya," lanjut dia.

Mengenai judul, Fadli membeberkan bahwa "SNUP" awalnya hanya kode untuk menyimpan lagu pada perangkat lunak Cubase. Namun, seiring berjalannya waktu, Stereocase sepakat untuk menjadikannya judul lagu.

Perlu penjelajahan internet, sampai "membongkar" urbandictionary.com untuk menemukan arti kata yang sesuai dengan tema lirik. 

"Lagu ini bercerita tentang seseorang atau sesuatu yang bisa membuat lo jatuh cinta, dan bakal membuat lo mau melakukan apa saja demi bisa selalu bersamanya," ujar Fadli.

Sebagai perpanjangan tema lagu, Stereocase merilis “SNUP” pada Rabu ini guna menyambut datangnya hari Valentine. Mereka juga telah menyiapkan agenda-agenda istimewa berkait dengan hal ini.

"Pastikan untuk terus mengamati akun media sosial Stereocase," kata Fadli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com