Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yura Yunita Daur Ulang Lagu Sakral

Kompas.com - 05/02/2016, 00:32 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis Yura Yunita ikut mengisi lagu tema film I am Hope yang disutradarai oleh Adilla Dimitri. Dalam kesempatan ini, Yura dipercaya untuk menyanyikan lagu daur ulang berjudul "Kasih Jangan Kau Pergi" yang pernah dipopulerkan band Bunga.

"Aku diminta oleh tim I am Hope untuk menyanyikan salah satu lagu sakral, yaitu 'Kasih Jangan Kau Pergi' yang begitu fenomenal di era 90-an. Nah, aku menyanyikannya dengan versi baru hasil aransemen Ifa Fachir," kata Yura dalam wawancara sebelum konser amal "I am Hope" di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (4/2/2016).

Yura bukan tanpa alasan menyebut "Kasih Jangan Kau Pergi" sebagai lagu sakral. Sebab, lagu ini merupakan single andalan Bunga yang terdapat dalam album perdana mereka, Untukmu Galang.

"Kasih Jangan Kau Pergi" seperti menjadi obituari untuk putra artis musik Iwan Fals, Galang Rambu Anarki yang meninggal 25 April 1997 pada usia 15 tahun.

Berselang 18 tahun kemudian, vokalis Yoda "Idol" pun mendaur ulang "Kasih Jangan Kau Pergi" dengan karakter vokalnya yang rock. Klip video lagu tersebut dirilis pada 20 Juni 2015.

Bagi Yura, menyanyikan ulang lagu sakral ini merupakan sebuah kehormatan.

"Ini sebuah kehormatan bagi saya untuk menyanyikannya lagi sebagai bagian dari sebuah adegan yang sakral dan menyentuh dalam film I am Hope," tuturnya.

Yura membutuhkan waktu yang panjang untuk mendalami lagu "Kasih Jangan Kau Pergi".

"Membangun ruh untuk menyanyikan kembali lagu ini cukup lama juga prosesnya. Aku harus mendalaminnya dalam ruangan yang gelap gitu. Apalagi liriknya kan juga pernah saya alami, yaitu kehilangan orang yang dikasihi. Mungkin banyak orang juga mengalaminya," tutur Yura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com