Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teuku Rifnu Wikana: Pendidikan Jakarta dengan Daerah Lain, "Jomplang Man"

Kompas.com - 07/05/2016, 15:50 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Teuku Rifnu Wikana (35) menilai bahwa sistem pendidikan di Indonesia saat belum seimbang antar wilayah.

"Pendidikan di Jakarta (dibandingkan) dengan daerah lain itu, jomplang man. Jomplang banget," ucapnya dalam wawancara di XXI Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (7/5/2016).

Ia mencontohkan, jika ada siswa yang bisa memperoleh ranking pertama di suatu daerah, maka anak itu belum tentu bisa meraih peringkat yang sama saat bersekolah di Ibu Kota.

Hal itu, lanjut dia, bisa jadi karena adanya perbedaan metode pembejalaran. Belum lagi ditambah biaya sekolah di Jakarta yang mahal.

"Banyak yang enggak balance. Metode pendidikan juga harus dibenahi. Pendidikan itu harus merata," ujar pemain film Laskar Pelangi ini.

Film Mars, di mana Rifnu ikut bermain bersama artis peran Acha Septriasa, dinilai secara tak langsung juga ingin menyampaikan permasalahan pendidikan.

"Jangan semua pelajaran kita pelajari. Banyak cara untuk melakukan terobosan untuk memperbaiki. Setidaknya mengubah sistem pendidikan," ucapnya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com