Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gilang Ramadhan Terbantu Teknologi

Kompas.com - 15/09/2016, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- "Saya bersyukur sekali mendapat begitu banyak manfaat dari kemajuan teknologi, termasuk untuk berkomunikasi. Kapan pun dan di mana pun, saya mudah saja berhubungan dengan teman-teman," kata musisi Gilang Ramadhan di Jakarta, pekan lalu.

Ayah tiga anak perempuan ini menuturkan, setiap hari para personel Band Krakatau selalu saling menyapa dan mengabarkan kiprah mereka via aplikasi di telepon genggam.

Bahkan, mereka juga bekerja sama seperti mencipta lagu baru tanpa perlu bertemu langsung.

"Tinggal diskusi saja dan masing-masing mengerjakan bagiannya. Saya selesai memasukkan suara drum, yang lain menambahkan. Kirim dan dengar bersama-sama. Gampang sekali dan tahu-tahu lagu baru pun jadi," ujar Gilang.

Meski berjauhan dan semua sibuk dengan urusan masing-masing, mereka sepakat untuk bergabung kala harus tampil sebagai band.

Itu sebabnya mereka ramai-ramai muncul dan pentas sebagai Krakatau Reunion di perhelatan Indihome Prambanan Jazz 2016, Agustus lalu.

"Kalau Krakatau membutuhkan, kami prioritaskan. Malam kami pentas, pagi harinya kami sarapan sebentar dan langsung berpisah. Berpencar, ada yang ke Jakarta, ada pula yang ke Amerika Serikat. Berjauhan, tetapi kami tetap dekat karena teknologi," ucap Gilang senang. (TIA)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 15 September 2016, di halaman 32 dengan judul "Terbantu Teknologi".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com