Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ritual Doa dan Pelukan Endah N Rhesa

Kompas.com - 07/02/2017, 18:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pasangan musisi yang juga suami-istri, Endah N Rhesa, punya "ritual" yang selalu mereka lakukan sebelum manggung. Ritual itu berupa doa bersama sembari berpelukan.

Kebiasaan baik tersebut, menurut Endah, membuat ia dan suaminya merasa pasrah akan apa yang terjadi di atas panggung.

"Kepasrahan itu biasanya membuat kami siap (tampil). Berdoa biasanya enggak lama, hanya beberapa detik," ujar Endah, Senin (6/2/2017), sebelum tampil di Bentara Budaya Jakarta dalam acara pembukaan Festival Fotografi Kompas "Unpublished" yang berlangsung 6 Februari hingga 12 Februari 2017.

Rhesa, yang duduk di sebelah Endah, mengangguk.

Endah, yang malam kemarin tampak feminin dengan gaun hitam dan kalung mutiara, mengatakan, berdoa sangat penting karena ia dan suaminya sama-sama punya ego tinggi.

Selain itu, dengan berdoa, mereka bisa melepaskan segala beban.

"Sekalipun suami-istri yang punya ego masing-masing, begitu manggung harus bersikap profesional," ujarnya.

Ritual tersebut, lanjut Rhesa, mereka bangun sejak 2005, saat mereka pertama kali tampil di depan 1.000 penonton pada malam acara inaugurasi di kampus Rhesa.

Waktu itu keduanya masih berpacaran. Rhesa kuliah di Universitas Bina Nusantara, sedangkan Endah di Universitas Pelita Harapan, Tangerang. (OSA/TRI)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 7 Februari 2017, di halaman 32 dengan judul "Ritual Doa dan Pelukan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com