Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daniel Mananta: Ingin Jadi Orang Sukses, Ikut Lari Maraton

Kompas.com - 26/05/2017, 15:45 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pembawa acara dan wiraswastawan Daniel Mananta (35) mengatakan bahwa ia ingin ikut kegiatan lari maraton karena olahraga itu memiliki hubungan kuat dengan keberhasilan seseorang.

"Sebenernya dulu ada satu artikel, dia bilang CEO di Amerika banyak yang suka maraton. Lalu, gue cari korelasi antara orang sukses sama maraton," kata Daniel ketika berbincang dengan sejumlah wartawan di Tartine, fX Sudirman, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

"Akhirnya, gue mikir, gue coba sendiri dan ternyata korelasinya kuat banget. Karena, lo butuh kedisiplinan, lo butuh kesabaran, keyakinan kalau lo bakal sampai di finish," sambungnya.

Baca juga: Melanie Putria Dapat Banyak Bonus dari Lari Maraton

Baginya, menjadi pelari tidak lah mudah. Para pelari sering dihantui pikiran bahwa mereka tidak akan mampu mencapai garis finish.

"Selama lo lari empat jam itu, 'Udah lah jalan aja, lo enggak mungkin bisa. Tuh, ada nenek-nenek lewatin lo, udah lah lo enggak mungkin bisa'," kata pria kelahiran Jakarta, 14 Agustus 1981, ini.

“Di bisnis juga sama. Kalau lagi lakuin sesuatu, di otak kita ada yang bilang, 'Udah lah lo engak mungkin bisa, bisnis lo bakalan gagal'," lanjutnya.

Baca juga: Susan Bachtiar Ucapkan Dua Kata di Garis Finish Lari Maraton Chicago

Tak ingin berpikiran pesimistis, Daniel selalu meyakinkan dirinya bahwa ia bisa menjalani lari maraton dan urusan bisnis.

"Tapi, udah lo diemin aja sampai lo di garis finish juga. You know, you'll get what you want," ujarnya.

"Atau, misal ada bisnis yang udah tua banget lewatin lo, ya udah enggak apa-apa. It’s their pace. Lo tetap kuat dengan pace lo," tegasnya.

Sebagai informasi, Daniel berencana akan mengikuti Chicago Marathon di Chicago, Illinois, AS,  pada Oktober 2017, dengan berlari sejauh 42 kilometer.

Baca juga: Daniel Mananta Terbang ke Chicago Cuma buat Lari

Sebelum ini, ia telah ambil bagian dalam Bali Marathon dengan jarak tempuh yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com