Di Bromo, Kulkul Jadi "Cool"

Kompas.com - 25/06/2013, 18:01 WIB
|
EditorAti Kamil
PROBOLINGGO, KOMPAS.com -- Grup musik asal Bali Kulkul berupaya melawan udara dingin Bromo, Jawa Timur, ketika tampil pada hari kedua Jazz Gunung 2013: Indahnya Jazz, Merdunya Gunung, yang digelar pada 21 dan 22 2013 di Bromo, Probolinggo, Jawa Timur. Maklum saja, Kulkul, yang dibentuk di Bali pada 2005, baru kali pertama manggung di udara terbuka yang dingin pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut.

"Akhirnya kami mendapat kesempatan bermain di Jazz Gunung. Ini pengalaman pertama kami main di ruang terbuka yang udaranya dingin sekali. Kalau begini namanya bukan Kulkul lagi, tapi cool," ujar Didit dalam perbincangan dengan Kompas.com usai tampil dalam pertunjukan yang diadakan di Java Banana, Bromo, Sabtu (22/6/2013).

Terlepas dari udara dingin yang mengigit, selain menghibur dengan jazz etniknya, Kulkul mencoba mengenalkan sesuatu yang baru.

"Kami mencoba lebih kental ke-Bali-annya, seperti Krakatau dengan ciri Sunda," jelas Didit (violin), yang tampil bersama Faizar Fasya (gitar), RM Aditya (keyboard dan piano), Zoltan Renaldi (bas), dan Demas Narawangsa (drum) serta para seniman gamelan Ketut Budiyasa, Kadek Setiawan, I Wayan Sudarsana, dan I Wayan Sudiarta,

"Seperti tadi ada aksi teaterikal tari Bali dan bakar sesajen. Kami selalu tampilkan itu," lanjutnya.

Dalam penampilan mereka, Kulkul mendapat sambutan hangat ketika mereka memainkan komposisi-komposisi "Welcome to Bali", "Uluwatu", "Melati Suci", "Tajen (Adu Ayam)", dan "Janger".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.