Kuasa Hukum: Andika Bisa Kembali Jalani Hukuman

Kompas.com - 12/08/2013, 17:15 WIB
Andika Mahesa Setiawan, mantan vokalis Kangen Band, menutup mukanya dengan jaket merah dan hanya diam membisu ketika ditanya oleh para wartawan di Satreskrim Polresta Bandar Lampung, Minggu (15/12/2012). Andika ditangkap oleh pihak Polsek Tanjungkarang Timur karena diduga melarikan seorang perempuan di bawah umur. Andika ditangkap Jumat (14/12/2012) malam, kira-kira pukul 21.00 WIB di Gedong Air, Tanjungkarang Barat. Ketika ditangkap, Andika sedang jalan bersama korban berinisial C (16). TRIBUN LAMPUNG/PERDIANSYAHAndika Mahesa Setiawan, mantan vokalis Kangen Band, menutup mukanya dengan jaket merah dan hanya diam membisu ketika ditanya oleh para wartawan di Satreskrim Polresta Bandar Lampung, Minggu (15/12/2012). Andika ditangkap oleh pihak Polsek Tanjungkarang Timur karena diduga melarikan seorang perempuan di bawah umur. Andika ditangkap Jumat (14/12/2012) malam, kira-kira pukul 21.00 WIB di Gedong Air, Tanjungkarang Barat. Ketika ditangkap, Andika sedang jalan bersama korban berinisial C (16).
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis Andika Mahesa Setiawan sudah dibebaskan dari Lembaga Pemasyarakatan Raja Basa, Bandar Lampung, setelah tujuh bulan menjalani hukuman penjara akibat kasus pidana melarikan perempuan di bawah umur, Chacha, yang kini sudah menjadi istrinya. Namun, Andika belum bisa bernapas lega sepenuhnya.

Pasalnya, saat ini kasasi 10 bulan penjara yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum masih dalam proses di tingkat Mahkamah Agung. Bila kasasi tersebut diterima oleh Mahkamah Agung, Andika bisa kembali dipenjara sesuai amar putusan yang ditetapkan selanjutnya.

"Setelah ada putusan Pengadilan Tinggi dihukum tujuh bulan, jaksa masih kasasi ke Mahkamah Agung. Berarti, jaksa masih ngotot Andika harus dihukum 10 bulan penjara, sedangkan Pengadilan Negeri Tanjung Karang dan Pengadilan Tinggi Tanjung Karang (menjatuhkan vonis) tujuh bulan penjara. Sekarang sudah habis masa tahanannya, Jaksa ngotot ke Mahkamah Agung untuk kasasi," papar kuasa hukum Andika, Priyagus Widodo, dalam wawancara per telepon di Jakarta, Senin (12/8/2013).

"Kalau memang tujuh bulan berarti masa waktu penahanannya habis sekarang. Bebas demi hukum (BDH), begitu," lanjutnya.

Priyagus berharap, untuk sementara kliennya tersebut bisa menenangkan diri sembari menunggu hasil putusan kasasi. "Sambil menunggu putusan kasasi, harus keluar penjara dulu. Kalau kasasi sesuai Pengadilan Tinggi, Pengadilan Negeri, ya enggak masuk lagi. Tapi, kalau Mahkamah Agung menyetujui Jaksa Penuntut Umum, ya harus masuk penjara, masih menjalani tiga bulan lagi. Jadi, masih menggantung. Bisa bebas seperti putusan Pengadilan Negeri atau masuk lagi," jelasnya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X