RAN LIbatkan Musisi Senior

Kompas.com - 10/02/2014, 21:14 WIB
RAN: (dari kiri ke kanan) Rayi, Asta, dan Nino KOMPAS.com/IRFAN MAULLANARAN: (dari kiri ke kanan) Rayi, Asta, dan Nino
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Band RAN yang beranggotakan Rayi, Asta, dan Nino selalu punya ide untuk memberi warna pada karya mereka. Di album baru RAN yang berjudul Hari Baru, misalnya, mereka melibatkan beberapa musisi senior dan dari band lain. Beberapa nama itu, antara lain, Eno (gitaris band rock Netral), Rishanda Singgih (basis band Drew), Ronald Steven (basis band Agnes Monica), Ido (Dida), Andrey Kopay (basis band pengiring RAN), dan Evan Eva (pemain keyboard band pengiring RAN).

"Itu salah satu upaya kami untuk membuat album ini berbeda dan lebih berwarna dibandingkan album sebelumnya," kata Asta, pekan lalu, di Jakarta, seusai meluncurkan album baru itu.

Nino menambahkan, dirinya dan kawan-kawannya membuat album yang bukan berirama jazz, melainkan lagu pop dengan berbagai irama. Untuk membuat kesepuluh lagu di album baru itu lebih hidup, tiga anggota RAN meminta bantuan musisi top lawas.

"Istilah kami, orang yang lebih banyak berada di belakang layar," ujar Rayi. Mereka berharap, dengan cara itu, lagu mereka masing-masing akan punya warna dan karakter sendiri-sendiri.

Ia mencontohkan, tidak mungkin minta Eno mengiringi lagu berirama jazz, tetapi untuk lagu lain sehingga pihaknya perlu mencari musisi yang lain. Satu lagi, album keempat itu tak hanya melibatkan seorang mixing engineer, tetapi empat orang diterjunkan untuk menggarapnya. (TRI)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.