Selalu Ada Cinta: Selalu Ada Jazz

Kompas.com - 23/03/2014, 15:38 WIB
Syaharani and Queenfireworks menjalani pemotretan profil mereka sebagai band. Pengambilan gambar itu dilakukan di showroom Jakarta Vintage, kawasan Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Desember 2013. KOMPAS.com/ATI KAMILSyaharani and Queenfireworks menjalani pemotretan profil mereka sebagai band. Pengambilan gambar itu dilakukan di showroom Jakarta Vintage, kawasan Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Desember 2013.
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Syaharani pernah menyatakan, banyak lagu yang ia suguhkan menggunakan apa yang ia sebut sebagai "jazz attitude". Katakanlah ini sebagai semacam sikap kreatif dalam memperlakukan materi lagu dengan cita rasa jazz. Sikap semacam itulah yang digunakan Syaharani and Queenfireworks atau Esqi:ef dalam album Selalu Ada Cinta.

Jejak pergaulan dan pengalaman di lingkungan jazz itu misalnya tampak ditampilkan secara samar-samar dalam dua lagu pertama di album ini, yaitu pada lagu "Selalu Ada Cinta" dan ”Apa Adanya". Dua lagu itu jatuhnya lebih condong ke jenis lagu pop yang ramah radio. Ini adalah jenis lagu yang biasa diperdengarkan kepada khalayak heterogen.

Dalam dua lagu berikutnya, "Merah Kuning Jingga dan Ungu" dan "Arisan Hujan", intensitas pengaruh jazz makin ditegaskan. Lagu itu digarap dengan rasa swing. Ada improvisasi gitar dengan cita suara (sound) gitar jazz. Dalam Esqi:ef ada gitaris Donny Suhendra dan Didiet Saat. Syaharani pun mulai mengeluarkan tabiat bernyanyi di pentas jazz yaitu dengan scat singing atau berimprovisasi dengan vokal.

Lagu "Hujan Malam" disuguhkan dengan pendekatan ballad. Bagian awal lagu bertempo lamban, menampilkan petikan gitar yang lembut, bening, dan puitik. Kelembutan dan kebeningan itu menjadi cara berucap untuk menggambarkan atmosfer malam dengan rintik hujan. Vokal Syaharani ditampilkan dengan cita rasa lembut.

Rock dan blues
Pada lagu "Morning Coffee" cita suara yang berbeda dengan tidak bergeligir kasar (edgy). Ini adalah jenis lagu panggung yang berasa unsur rock-nya. Cocok buat pecicilan dan bisa memanaskan suasana ketika arena mulai adem-adem. Syaharani menggunakan gaya vokal yang mengingatkan pada milik Janis Joplin yang serak-serak kasar.

Album ini ditutup dengan "Save Me Some Time" yang berasa elemen blues-nya. Ini jenis blues yang tidak kental banget. Jenis blues yang mengingatkan pada "Georgia on My Mind"-nya Ray Charles. Permainan gitar dan cara Syaharani adalah cara orang blues ngeblues.

Syaharani dalam Esqi:ef didukung Donny Suhendra (gitar), Didit Saad (gitar), Trias Fajar Anugrah (keyboard), Andy "Gomez" Setiawan (keyboard), Kristian Dharma (bas), dan Sirhan M Bahasuan (drum). Para musisi tersebut tampak cukup lebur satu sama lain untuk dengan luwesnya menyuguhkan musik sesuai karakter vokal Syaharani. Selain selalu ada jazz, mereka juga bisa menyuguhkan musik yang masih seakar dengan jazz termasuk blues dan rock. (XAR)

Album: Selalu Ada Cinta
Artis: Syaharani and Queenfireworks
Produksi/edar: Queenfireworks/Demajors 2014.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X