Iko Uwais Terus Bawa Nama Besar Pencak Silat

Kompas.com - 08/04/2014, 17:11 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Keberhasilan film silat The Raid 1 dan The Raid 2 di kancah perfilman internasional adalah fenomenal. Di London, Inggris, dikabarkan orang rela antre untuk menyaksikan film The Raid 2 yang baru saja diluncurkan sejak akhir Maret lalu. Di Amerika Serikat, film tersebut langsung meraup 165.000 dollar AS di pekan perdana, dan langsung menduduki peringkat 23 di film box office AS.

Sementara di dalam negeri, sampai pekan lalu, tercatat sudah 704.156 penonton yang menyaksikan karya sutradara Gareth Evans tersebut.

Fenomena ini tidak lepas dari peran Iko Uwais yang menjadi bintang utama film itu. Iko kini praktis menjadi bintang laga teratas yang dikenal di tingkat dunia. Cowok Betawi ini secara sadar memilih menjadi aktor laga karena kecintaannya pada seni bela diri pencak silat. Dia mempelajarinya sejak berusia 10 tahun.

Keseriusan Iko belajar di perguruan silat Tiga Berantai milik pamannya membuat suami penyanyi Audy Item tersebut merasakan ikatan jiwanya yang amat kuat dengan ilmu silat. Semakin mempelajari dan mengenalkan silat ke berbagai negara, Iko semakin merasakan bahwa Indonesia punya seni bela diri yang kaya karakter. Namun, bakat Iko sebagai petarung belum diketahui banyak orang. Sembari terus belajar silat dan menjadi atlet silat nasional, ia tetap menjalani pekerjaan sehari-harinya sebagai sopir truk di sebuah perusahaan.

Pertemuannya dengan sutradara Gareth Evans pada tahun 2007 (ketika itu ia membuat film dokumentasi di perguruan silat Tiga Berantai) telah mengubah kehidupan Iko. Gareth yang melihat potensi Iko, mengajaknya bermain film berjudul Merantau pada tahun 2009. Lewat film yang pernah diputar di Fantastic Film Festival di Puchon, Korea Selatan, dan Fantastic Fest di Austin, Texas (AS), nama Iko mulai dikenal di dunia internasional.

Selain bermain film, Iko juga mendapat banyak tawaran menjadi bintang iklan untuk beberapa produk. Di luar kesibukannya menjadi aktor, ayah Atreya Syahla Putri Uwais ini menjadi pencari bakat dan koreografer untuk seni bela diri di PT Merantau Films.

Hollywood pun mulai melibatkan pendekar itu. Iko Uwais antara lain terlibat dalam penggarapan film Man of Tai Chi yang dibintanginya bersama aktor beken Keanu Reeves.

Melihat semakin banyak film tentang percintaan, apakah Iko Uwais berencana untuk tampil dalam layar perfilman Indonesia dengan tema percintaan?
(Ryan Aulia Arsyad, Bandung)

Ha-ha-ha.. Apa pun genre-nya tidak menutup kemungkinan buat saya main dalam film di luar action.

Terpikirkah Bang Iko untuk bermain film romantis atau komedi? Lalu adakah impian peran yang Bang Iko sangat ingin mainkan?
(Indri Hapsari Tiaryani, Yogyakarta)

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.