SID: "Kembalikan Baliku" untuk Tolak Rencana Reklamasi di Bali

Kompas.com - 27/11/2014, 16:41 WIB
Band punk dari Bali Superman is Dead (SID) tampil dalam konser Satu Indonesia: Salute to Guruh Soekarno Putra, di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (26/11/2014) malam. KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZESBand punk dari Bali Superman is Dead (SID) tampil dalam konser Satu Indonesia: Salute to Guruh Soekarno Putra, di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (26/11/2014) malam.
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Band punk dari Bali Superman is Dead (SID), yang terdiri dari Jerinx (I Gede Ari Astina, drum, Eka Rock (I Made Eka Arsana, bas), dan Bobby Kool (I Made Putra Budi Sartika, vokal dan gitar), menyuarakan sikap menolak rencana reklamasi pantai di Teluk Benoa, Bali, ketika mereka menyajikan lagu "Kembalikan Baliku", karya Guruh Soekarnoputra, dalam konser Satu Indonesia: Salute to Guruh Soekarno Putra di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (26/11/2014) malam.

"Saat pilih lagu Mas Guruh, yang 'Kembalikan Baliku' ini kayaknya pas, karena Bali sudah tidak seperti dulu, sudah digerus," kata Jerinx usai manggung bersama rekan-rekan SID-nya.

Jerinx mengingatkan, reklamasi pantai di Teluk Benoa akan menenggelamkan Bali selatan. Kawasan seluas 838 hektar tersebut sebenarnya termasuk wilayah konservasi ke mana empat sungai besar di Bali bermuara. Jika reklamasi itu dilakukan, Bali selatan akan banjir.

Dalam "Kembalikan Baliku", Jerinx membacakan puisi berkalimat, "acungkan jari tengah" sebagai protes terhadap rencana reklamasi tersebut.

"Tadi sudah berpuisi. Semoga membuka mata hati agar Bali kembali ke sedia kala," tekan Jerinx.

SID juga mengaku bangga musik punk mereka bisa "kawin" dengan musik yang dimainkan oleh orkestra asuhan Erwin Gutawa dalam konser Satu Indonesia: Salute to Guruh Soekarno Putra.

"Kami senang sekali, kami merasa naik kelas. Tadi pertama kali kolaborasi dengan big band dan pertama kali saya dalam sejarah pakai metronom," kata Jerinx lalu tertawa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X