Abdee "Slank" Alami Masalah pada Fungsi Ginjalnya

Kompas.com - 02/03/2015, 16:05 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemain gitar band Slank, Abdee Negara (46), mengungkapkan bahwa ia telah dirawat intensif selama kira-kira tiga minggu di sebuah rumah sakit di Jakarta belum lama ini karena gangguan pada fungsi ginjalnya.

"Ya, kemarin saya sakit, dirawat 23 hari. Saya ada masalah ginjal, setelah empat tahun lalu saya divonis (menderita gangguan pada fungsi ginjal)," ujar Abdee usai menonton bareng film 2014 karya dua sutradara Hanung Bramantyo dan Rahabi Mandra, di Plaza Senayan XXI, Jakarta Pusat, Sabtu (28/2/2015) malam.

Abdee, yang baru dua minggu lalu keluar dari rumah sakit, juga mengaku harus menjaga lebih ketat kondisi tubuhnya.

"Ya, sudah harus lebih berhati-hati, enggak boleh terlalu capek. Ya, gaya hidup, pola makan, harus diperhatikan," tekan Abdee.

Abdee menerangkan, ia menderita gangguan pada fungsi ginjalnya karena faktor genetik berupa darah tinggi.

"Kata dokter, saya (menderita gangguan pada ginjalnya karena) keturunan yang mempunyai penyakit darah tinggi. Mungkin, saya enggak jaga (agar terhindar dari) darah tinggi waktu dulu. Dari makannya, istrirahatnya, kurang," jelasnya.

Abdee mengaku pula, ketika sakit ia merasa tubuhnya lemas tak berdaya.

"Ginjal itu kaya saringan yang menyaring. Kalau saringan enggak ada (asupan) makanan, yang ada jadi racun. Ya, risikonya banyak, reaksinya biasanya lemas, sakit kepala, enggak ada tenaga, macem-macem ya," tutur Abdee.

Ia juga mengaku kini sedang menjalani perawatan khusus. Namun, ia tak menjabarkan jenis dan seperti apa perawatan itu.

"Semua penyakit ini saya rasakan sudah dari empat tahun yang lalu. Sekarang, sudah ada treatment, saya sudah belajar banyak dengan penyakit ini," ucap Abdee.

Sambung Abdee, dokter yang merawatnya mengharuskan ia menjalani operasi ginjal untuk memerbaiki fungsi ginjalnya.

"Segala kemungkinan bisa terjadi. Secara kemungkinan bisa operasi, bisa juga enggak. Tapi, kata dokter, harus dioperasi," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.