"Guru Bangsa Tjokroaminoto" Merekam Sejarah Politik Indonesia

Kompas.com - 31/03/2015, 20:12 WIB
|
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Garin Nugroho menyebut film terbaru yang disutradarainya, Guru Bangsa Tjokroaminoto diperuntukkan bagi mereka yang ingin memahami sejarah politik di negeri ini.

"Film ini untuk mereka yang berminat memahami negeri ini dan harus memahami negeri ini. Dalam euforia politik, ini saatnya mempelajari asal-usul politik," katanya dalam acara jumpa pers film Guru BangsaTjokroaminoto, di Mangi Tree Cafe, Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (31/3/2015).

Film yang berdurasi sekitar dua setengah jam ini menceritakan tentang perjuangan dan kehidupan seorang tokoh pergerakan nasional Indonesia bernama Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto yang lahir dari kaum bangsawan Jawa dan berlatar belakang Islam yang kuat. Bersama dengan Hadji Samanhudin, beliau menggubah Sarekat Dagang Islam menjadi Serekat Islam.

Tjomroaminoto lantas mengetuai organisasi tersebut hingga menjadi organisasi terbesar pertama dengan jumlah anggota sebanyak dua juta dari berbagai kalangan. Dalam film ini dikisahkan bagaimana seorang Tjokroaminoto melepas status bangsawannya demi bisa berbaur dengan rakyat kecil.

Dalam masa kepemimpinan Tjokroaminoto, rakyat kecil yang semula tidak memiliki akses ke dunia politik ketika itu, mulai dibukakan jalannya untuk masuk ke dunia tersebut dengan cara berpartisipasi sebagai anggota Sarekat Islam.

Dikisahkan pula bagaimana seorang Tjokroaminoto menjadi sosok guru bagi para pemimpin pergerakan seperti Soekarno, Semaoen, Alimin, dan Moesso. "Sesungguhnya film ini adalah peta kecil masa lampau, tentang sejarah. Maka dari itu, saya meminta semua untuk mewartakan hal ini," kata Garin yang juga mengarsiteki film Soegija.

Film Guru BangsaTjokroaminoto menghadirkan aktor andal Reza Rahardian sebagai pemeran Tjokroaminoto. Selain Reza, film yang akan diputar di gedung-gedung bioskop seluruh Indonesia mulai 9 April 2015, juga menampilkan artis peran senior, yakni Christine Hakim, Sudjiwo Tedjo, almahum Alex Komang, dan Didi Petet. Mereka berkolaborasi dengan pemain berbakat lain seperti Maia Estianty, Deva Mahendra, Ibnu Jamil, Alex Abbad, Chelsea Islan, dan masih banyak lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.