Demi El, Julie Estelle Kembali Bersekolah

Kompas.com - 07/04/2015, 18:25 WIB
|
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com -- Demi menghidupkan karakter El, seorang foodblogger asal Perancis yang berkeliling Asia hanya untuk meneliti kopi dalam film Filosofi Kopi, artis peran dan model Julie Estelle (26) mengaku harus mengikuti kelas khusus di sekolah ABCD Coffee, Pasar Santa Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Karena saya berperan sebagai foodblogger, banyak yang harus saya pelajari dari kopi. Saya sempat ikut sekolah, kelas dari ABCD. Saya juga harus coba kopi origin dari Indonesia, misalnya kopi gayo, kopi toraja, dan semua karakter-karekter kopi dengan yang pernah saya explorer," ujar Julie dalam wawancara usai press screening film Filosofi Kopi yang dibintanginya, di XXI Epicentrum Walk, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (7/4/2015).

Menurut Julie, selama empat hari mengikuti kelas ABCD Coffee, dirinya banyak belajar tentang sejarah kopi. Misalnya, kapan kali pertama kopi ditemukan. "Banyak belajar. Saya juga belajar bagaimana proses pembuatan kopi. Pokoknya seluruh proses pembuatan kopi. Ternyata itu kompleks banget," ucapnya.

Adik kandung VJ MTV Cathy Sharon ini akhirnya menyadari bahwa setiap jenis kopi memiliki karakter rasa dan aroma yang berbeda-beda. "Saya baru tahu (kopi) ada rasa cokelat, rasa fruiti, rempah-rempah, bahkan kacang-kacangan," kata dia.

Namun, Julie mengaku tidak puas dengan kesempatan belajar selama empat hari. Karena itu, sejak September 2014 hingga Januari 2015, dirinya sengaja menghadiri berbagai macam workshop mengenai kopi sekaligus menambah pengetahuannya dengan membaca buku-buku referensi.

"Saya juga keliling pengunungan, ke perkebunan kopi, dari mulai dipetik sampai pengeringan dan fermentasi," imbuh kekasih pebalap nasional yang kini menjadi anggota dewan, Moreno Soeprapto.

Berkait dengan Filosofi Kopi yang bakal diputar serempak di gedung-gedung bioskop Tanah Air mulai 9 April 2015 ini, Julie menyampaikan rasa takjubnya kepada Indonesia yang saat ini menempati urutan keempat sebagai produsen kopi terbaik di dunia.

"Mudah-mudahan dengan film ini kita bisa lebih apresiasi terhadap petani kopi di Indonesia dan menghargai produk sini," ucap Julie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.