Chicco Jerikho Dihambat Tonggeret

Kompas.com - 07/04/2015, 21:04 WIB
|
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com -- Bintang film Filosofi Kopi The Movie, Chicco Jerikho, menceritakan segala hambatan yang terjadi selama berlangsungnya proses shooting layar lebar yang diperankan dan diproduserinya itu. Misalnya, gangguan suara bising tonggeret yang ada di perkebunan kopi Malabar, Pandeglang, Jawa Barat.

"Ada saja hambatannya, ada binatang kecil, namanya tonggeret. Jadi kalau pas dialog, binatang itu bunyi krik-krik-krik. Jadi kami harus diam dulu," cerita Chicco lalu tertawa dalam jumpa pers filmFilosofi Kopi, di XXI Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, (7/4/2015).

"Kalau kata Mas Angga (sutradara Angga Dwimas sasongko), dia (tonggeret seharusnya) sudah punah bareng-bareng dinosaurus," tambah peraih penghargaan Pemeran Utama Pria Terbaik Festival Film Indonesia 2014 tersebut dalam canda.

Merujuk pada Wikipedia, tonggeret adalah sebutan untuk segala jenis serangga anggota subordo cicadomorpha, ordo hemiptera. Serangga ini dikenal dari banyak anggotanya yang mengeluarkan suara nyaring dari pepohonan dan berlangsung lama. Selain tonggeret, nama lain juga dikenal, biasanya dikaitkan dengan pola suara yang dihasilkan. Orang Sunda menyebutnya tongeret, orang Jawa menyebutnya garengpung atau uir-uir, tergantung suara yang dikeluarkan.

Serangga ini mempunyai sepasang mata faset yang letaknya terpisah jauh di kepalanya dan biasanya juga memiliki sayap yang tembus pandang. Bentuknya kadang-kadang seperti lalat yang besar, meskipun ada tonggeret yang berukuran kecil. Tonggeret hidup di daerah beriklim sedang hingga tropis dan sangat mudah dikenali di antara serangga lainnya, terutama karena tubuhnya yang besar dan akustik luar biasa yang dihasilkan dari alat penghasil suara di bawah sayapnya.

Kendati sempat dihambat suara bising tonggeret, Filosofi Kopi The Movie berhasil merampungkan shooting-nya dan siap diputar serempak di gedung-gedung bioskop Tanah Air mulai 9 April 2015.

Film Filosofi Kopi The Movie mengisahkan dua sahabat, yakni Ben (Chicco Jerikho) dan Jody (Rio Dewanto) yang membuka kedai kopi bernama Filosofi Kopi. Namun, utang yang membelit justru mengancam keberadaan kedai Filosofi Kopi.

Di tengah perjuangan mengatasi utang dan konflik di antara Ben dan Jody, seorang pengusaha muncul untuk menantang menyelamatkan kedai Filosofi Kopi dengan syarat kedua sahabat ini harus meracik kopi mahakarya agar sang pengusaha dapat memenangi tender.

Dari situ, dengan keahliannya Ben berhasil meracik kopi yang diberi nama Perfecto, sampai kehadiran El (Julie Estelle) yang mengatakan, "Ada kopi yang lebih baik ketimbang mahakarya Ben meruntuhkan semuanya."

Ben dan Jody tidak punya pilihan selain pergi mencari kopi tiwus yang akan menentukan kelangsungan kedai Filosofi Kopi dan persahabatan mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.