Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uni(x): Kami Bukan "Girlband", Tapi Grup Vokal

Kompas.com - 21/05/2015, 13:52 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tiga penyanyi muda yakni Kayla (13), Karin (14), dan Adjani (15), yang tergabung dalam grup Uni(x) menolak disebut girlband. Ketiganya lebih memilih sebutan grup vokal atau trio untuk disematkan kepada mereka.

"Kami bukan girlband. Tapi grup vokal," ucap Kayla dalam konferensi pers peluncuran single perdana mereka, "Tak Berhenti Tersenyum", di Kemang Utara, Jakarta Selatan, Rabu (20/5/2015).

Karin menambahkan, meski ada koreografi dalam penampilan Uni(x) yang terbentuk sejak 2013 ini, mereka lebih mengutamakan teknik vokal di mana Kayla bersuara alto, Karin bagian mezzo sopran, dan Adjani mengisi sopran. Selain itu, ketiganya juga mahir memainkan alat musik.

"Kami lebih fokus ke vokal sih. Aku piano, Adjani gitar, terus Kalya lagi belajar main drum," ujar Karin.

Meski sudah terbentuk sejak dua tahun lalu setelah ketiganya memenangkan medali emas pada International Choir Competition 2013 di Italy, Uni(x) baru berkesempatan mengeluarkan single dan mini album pada tahun ini karena terkendala urusan akademik.

Sebagai informasi, seluruh personil Uni(x) merupakan keluarga pembawa acara Alya Rohali. Kalyla sendiri adalah adik kandung dari vokalis Alika. Sementara, Adjani merupakan putri dari Alya. Sedangkan Karin adalah keponakan Alya. Lalu Alika didaulat sebagai eksekutif produser.

Nama Uni(x) diambil dari gabungan kata 'Uni' yang artinya kumpulan dan huruf 'x' yang merupakan simbol perempuan. Sehingga arti Uni(x) yakni kumpulan perempuan dengan keunikan vokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com