Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tohpati: Saya Bukan Guru Gitar yang Baik

Kompas.com - 28/05/2015, 02:05 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Berpengalaman menjadi gitaris sejak 1993, agaknya tidak menjamin Tohpati Ario Hutomo (43) mudah mengajar seseorang bermain gitar. Ini diungkapkannya saat jumpa pers peluncuran album Kita milik artis musik pendatang baru Syahravi (17), di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (27/5/2015).

"Sebenarnya saya malas ngajar gitar karena saya bukan guru yang baik," ucap Tohpati.

Namun, Tohpati mulai luluh ketika Syahravi meminta kursus gitar secara privat. "Awalnya datang bukan untuk bikin album. Datang pas SMA kelas 2, itu dia mau belajar gitar. Padahal saya enggak buka les privat. Tapi karena anak teman, ya sudah saya coba. 'Ravi minta besok latihan lagi Mas. Aduh, ngajarin apa ini'. Saya sempat suruh belajar sendiri, tapi Ravi enggak mau," tuturnya.

Setelah Syahravi mahir bermain gitar, dia meminta bantuan Tohpati untuk membantunya memproduksi album perdana dengan materi lagu-lagu yang ditulisnya sendiri. Namun, Tohpati tak langsung menyanggupi permintaan Syahrafi.

"Dia nyanyi sambil main gitar, suaranya jelek awalnya. Jadi saya bilang kamu latihan lagi dulu deh. Kemudian dia les nyanyi, saya tunjuk (pelatih vokal) Indra Aziz. Setelah itu, kok suaranya ada kemajuan. Akhirnya jadi enam lagu dengan judul album Kita

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com