Tohpati: Saya Bukan Guru Gitar yang Baik

Kompas.com - 28/05/2015, 02:05 WIB
|
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com -- Berpengalaman menjadi gitaris sejak 1993, agaknya tidak menjamin Tohpati Ario Hutomo (43) mudah mengajar seseorang bermain gitar. Ini diungkapkannya saat jumpa pers peluncuran album Kita milik artis musik pendatang baru Syahravi (17), di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (27/5/2015).

"Sebenarnya saya malas ngajar gitar karena saya bukan guru yang baik," ucap Tohpati.

Namun, Tohpati mulai luluh ketika Syahravi meminta kursus gitar secara privat. "Awalnya datang bukan untuk bikin album. Datang pas SMA kelas 2, itu dia mau belajar gitar. Padahal saya enggak buka les privat. Tapi karena anak teman, ya sudah saya coba. 'Ravi minta besok latihan lagi Mas. Aduh, ngajarin apa ini'. Saya sempat suruh belajar sendiri, tapi Ravi enggak mau," tuturnya.

Setelah Syahravi mahir bermain gitar, dia meminta bantuan Tohpati untuk membantunya memproduksi album perdana dengan materi lagu-lagu yang ditulisnya sendiri. Namun, Tohpati tak langsung menyanggupi permintaan Syahrafi.

"Dia nyanyi sambil main gitar, suaranya jelek awalnya. Jadi saya bilang kamu latihan lagi dulu deh. Kemudian dia les nyanyi, saya tunjuk (pelatih vokal) Indra Aziz. Setelah itu, kok suaranya ada kemajuan. Akhirnya jadi enam lagu dengan judul album Kita

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.