Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Proklamasi Kemerdekaan RI, Jupe Jahit Bendera Merah Putih

Kompas.com - 18/08/2015, 11:36 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Merayakan 70 tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), artis peran dan penyanyi dangdut Julia Perez (35) atau Jupe berkegiatan mengulang sejarah. Ia menjahit tangan tujuh bendera merah putih, mengibarkan bendera-bendera itu, dan membacakan teks proklamasi.

Untuk menyelesaikan pembuatan bendera-bendera tersebut, Jupe antara lain menjahit tangan salah satunya sambil menunggu pengumuman hasil ujian skripsinya, Minggu siang lalu (16/8/2015) di Universitas Bung Karno (UBK), Jakarta Pusat.

"Ini terinspirasi dari Ibu Fatmawati. Saya ingin merasakan bagaimana perjuangan detik-detik kemerdekaan kita, bahwa tidak semudah yang kita pikir sekarang, tinggal beli bendera, tetapi bagaimana perjuangan mereka dulu," tuturnya kepada para wartawan ketika itu.

Ia mengaku, tujuh bendera tersebut dijahitnya dalam kira-kira dua minggu, menjelang 17 Agustus 2015. Bendera-bendera itu dikibarkan di tujuh tempat berbeda. Tiga darinya dikibarkan di rumahnya sendiri, kediaman ibunya, dan UBK.

"Ngejahitnya ada dua mingguan. Ada tujuh bendera yang saya jahit. Susah karena pakai tangan, kadang mencong. Tapi, saya pikir, dulu juga Bu Fatmawati begitu, tapi yang penting merah putihnya berkibar. Makna itu, saya anak bangsa yang tidak sempurna, tapi saya ingin Indonesia merdeka," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com