Kejaksaan Tetapkan Farhat Abbas sebagai Tahanan Kota

Kompas.com - 01/10/2015, 18:49 WIB
Farhat Abbas dan Regina. TRIBUNNEWS.com/JEPRIMAFarhat Abbas dan Regina.
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com — Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan menetapkan pengacara Farhat Abbas sebagai tahanan kota. Hal ini diungkapkan Farhat seusai diperiksa sekitar satu jam di Kejari Jakarta Selatan.

"Saya enggak boleh keluar kota 20 hari. Iya bisa dibilang gitu (tahanan kota)," kata dia kepada wartawan, di Kejari Jakarta Selatan, Kamis (1/10/2015) siang.

Status tahanan kota ini berlaku untuk membatasi ruang gerak Farhat sebelum dirinya menjalani sidang perdana kasus pencemaran nama baik terhadap pelapor, artis musik Ahmad Dhani, di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan pada pekan depan. Ia juga wajib lapor setiap Senin dan Kamis.

"Saya bukan tahanan polisi. Namun, misalnya saya mau ke Poso untuk lihat festival, saya harus izin dulu. Saya dinyatakan tidak bisa keluar kota. Cuma, saya boleh ke Bogor karena alamat saya di Bogor," tuturnya.

Farhat mengklaim, karena cukup kooperatif menjalani proses hukum, dirinya pun tak ditahan oleh Kejari Jakarta Selatan. "Beruntung saya kooperatif. Kalau enggak, saya ditahan. Saya harus bersyukur tidak ditahan. Kalau nanti saya sampai ditahan, ini bisa jadi pelajaran," ucapnya lagi.

Farhat melanjutkan, ia sebenarnya merasa kewalahan karena kasus ini menjadi berlarut-larut. Namun, ia berharap, ke depan, dirinya dan Ahmad Dhani bisa menemukan jalan damai. "Saya agak pusing sedikit kenapa Dhani susah memaafkan saya. Saya mau digugat Rp 100 juta per tweet. Ya siapa tahu, dalam perjalanan, saya berdamai dengan Dhani. Semoga ini menjadi pelajaran. Untuk Ahmad Dhani juga," tuturnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.