Wow, "Star Wars: The Force Awakens" Pecahkan Rekor Tercepat Tembus 1 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 28/12/2015, 04:28 WIB
Poster film Star Wars: The Force Awakens IndependentPoster film Star Wars: The Force Awakens
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Film Star Wars: The Force Awakens mencatat rekor baru sebagai film tercepat yang mencapai penjualan sebesar 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 13,6 triliun.

Hanya perlu 12 hari bagi karya sutradara JJ Abrams ini untuk mencapai angka tersebut. Hal ini memecahkan rekor sebelumnya yang dicapai oleh Jurassic World pada bulan Juni lalu.

Bahkan, Jurassic World mencapai angka itu dengan menghitung pemasukan di China, sementara Star Wars sampai sekarang belum dipasarkan di sana.

Star Wars juga meraih rekor terbesar sepanjang masa untuk pemasukan pada hari Natal dengan angka 49,3 juta dollar AS atau sekitar Rp 672 miliar.

Pemasukan pada pekan kedua peredaran film itu di Amerika Serikat saja mencapai 153,5 juta dollar AS, dan keseluruhannya sudah mencapai 544,6 juta dollar AS atau Rp 7,4 triliun.

Sementara itu, film Joy yang dibintangi Jennifer Lawrence berhasil mencatat penjualan 17,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 238 miliar.

Di film ini, Lawrence kembali bekerja sama dengan aktor Bradley Cooper dan sutradara David O Russel selepas film American Hustle (2013) dan Silver Lining Playbook (2012).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Point Break yang merupakan hasil buatan ulang dari film tahun 1991 karya sutradara Kathryn Bigelow hanya mencatat penjualan 10,2 juta dollar AS (Rp 139 miliar), padahal anggaran pembuatannya mencapai 105 juta dollar AS (Rp 1,4 triliun).

Film lain yang diedarkan di Amerika pada akhir pekan ini adalah The Revenant yang dibintangi Leonardo DiCaprio. 

Diedarkan secara terbatas di empat lokasi, film ini meraih 471.000 dollar AS.

Sekalipun demikian, film ini diharapkan bisa mendatangkan Piala Oscar untuk DiCaprio yang bermain sebagai seorang penjelajah abad ke-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.