Lola Amaria Berani Ambil Risiko Gunakan Jasa Pendatang Baru

Kompas.com - 03/02/2016, 19:44 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran dan sutradara Lola Amaria (38) cukup nekat untuk menggarap film terbarunya, Jingga, yang berkisah tentang remaja tunanetra.

Pasalnya, empat pemain utama dalam film kelimanya itu adalah pendatang baru. Bahkan, dua di antaranya belum pernah berakting dalam layar lebar.

"Banyak yang tanya saya terlalu berani ambil pemain baru. Tapi saya ambil risiko itu," ucap Lola dalam konferensi pers film Jingga di Kineforum, XXI Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2016).

Padahal, tak sedikit aktor dan aktris berpengalaman yang ikut seleksi peran untuk filmnya itu. Bahkan ia menolak nama seorang artis peran ternama yang disodorkan kepadanya.

"Saya melawan teman-teman lain, ada satu artis terkenal yang terus diajuin. Tapi saya pilih mereka, pemain baru," ucapnya.

Mengapa Lola begitu bersikeras memakai jasa pendatang baru sebagai pemeran utama? Sutradara film Minggu Pagi di Victoria Park itu mengaku ingin filmnya terlihat alami.

"Kalau mereka yang pemain baru kan belum dikenal. Jadi pikiran orang pas nonton, 'Wah jangan-jangan beneran mereka tunanetra'. Jadi sengaja pilih pendatang baru karena saya mau buat penonton benar-benar yakin kalau mereka tunanetra," tuturnya lagi.

Dari sisi waktu, lanjut Lola, pemain baru lebih mudah dikumpulkan karena tak sesibuk aktor senior. Namun, Lola mengaku tidak mudah mengarahkan pemeran pendatang baru.

"Perlu waktu panjang memang. Mereka harus kerja keras, meluangkan waktu. Apalagi ada yang baru pertama kali main film. Mengenalkan hal dasar itu rumit," ujar Lola.

"Proses latihan dua bulan sebelum shooting. Mereka juga bikin dua lagu yang jadi theme song. Saya bahkan enggak bolehin mereka pulang dari SLB (sekolah luar biasa)," tambahnya.

Film Jingga bercerita mengenai seorang remaja penderita low vision bernama Jingga (Hifzani Bob) yang kemudian buta total karena suatu kejadian. Tak terima dengan keadaannya, ia sempat putus asa, bahkan sampai melukai dirinya.

Jingg akhirnya dimasukkan ke sekolah luar biasa (SLB) dan bersahabat dengan tiga remaja tunanetra lainnya, yaitu Nila (Hany Valery), Marun (Qausar Harta Yudana) dan Magenta (Aufa Assegaf).

Film yang disutradarai oleh Lola Amaria ini akan tayang perdana pada 25 Februari 2016 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.