Ria Irawan: Kanker Tak Semenakutkan yang Dikira

Kompas.com - 21/02/2016, 15:00 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Chandra Ariati Dewi alias Ria Irawan (44) termasuk penyintas kanker yang tetap renyah.

Sabtu (20/2/2016) sore dengan suara yang tetap menawan, Ria bertutur kalau cerita seputar kanker itu selalu terlalu "drama" seperti di film-film.

Secara kebetulan, ia pernah bermain dalam dua film yang berkisah tentang kanker, Bila Saatnya Tiba dan Jangan Ambil Nyawaku.

"Nah, aku kebetulan jadi anaknya Christine Hakim dan Leni Marlina yang terkena kanker. Jadi, enggak semenakutkan yang dikira, lho," kata Ria.

Ria pernah menjalani tujuh bulan masa perawatan karena divonis kanker. Ia harus menjalani operasi pengangkatan rahim, kemoterapi, dan radiasi secara rutin.

"Aku harus bolak-balik ke RS Fatmawati dan RSCM karena masing-masing punya perawatan khusus," ujar Ria tetap dengan suara renyah sembari sesekali tertawa berderai.

Kunci dari penyembuhan kanker, kata Ria, harus menjalani pengobatan secara rutin dengan menerima segalanya sebagai "cubitan" dari Tuhan.

Ketika menjalani perawatan, Ria bahkan sedang mengerjakan film Gila Jiwa, di mana ia menjadi salah satu sutradaranya.

"Shooting film harus break dua bulan karena aku treatment," kata Ria.

"Pokoknya jalani saja, termasuk antre berbulan-bulan sebagai peserta BPJS," kata Ria.

Selama perawatan, Ria menggunakan BPJS sehingga tak mengeluarkan uang sepeser pun sampai ia dinyatakan lepas dari kanker. (CAN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.