Kuasa Hukum: 60 Persen Isi BAP Lanjutan Saipul Jamil Berbeda dengan Sebelumnya

Kompas.com - 24/02/2016, 22:24 WIB
|
EditorKistyarini
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemeriksaan lanjutan untuk pembuatan berita acara pemeriksaan (BAP) tambahan terhadap pedangdut Saipul Jamil, tersangka kasus dugaan pencabulan anak, sudah selesai dilakukan.

Kata kuasa hukumnya, Nazarudin Lubis, banyak perbedaan antara isi BAP dengan kesaksian awal.

"Substansialnya berbeda, tidak sempurna. Enam puluh persen berbeda. Bahwa tidak terjadi hal yang disangkakan," ucapnya di Polsek Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (24/2/2016) malam.

Ia menjelaskan, Saipul tidak membatalkan kesaksian awalnya, melainkan menyempurnakan pernyataannya tentang kronoligi kejadian.

Sebab, ketika pemeriksaan awal, Saipul tak didampingi kuasa hukum yang ia tunjuk sendiri dan dalam kondisi lelah dan shock. Sehingga keluarlah pengakuan yang dianggap bukan yang sebenarnya.

"Begitu kami dampingi tadi, dia agak percaya diri. Tim kami tiga orang bergantian dampingi. Dia berikan apa yang sebenarnya terjadi," tutur Nazarudin.

"Ada 55 pertanyaan. Bukan diubah tapi disempurnakan. Sebelumnya 40 sekian. Dia pikirkan permasalahan ini bisa cepet selesai, sehingga dia bisa pulang. Ternyata tidak, berlarut-larut," lanjutnya.

BAP lanjutan terhadap Saipul dilakukan sejak pukul 14.00 WIB siang tadi hingga pukul 18.30 WIB. Selain didampingi kuasa hukum, Saipul juga ditemani oleh ibunda mendiang istrinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.