KPAI Akan Bantu DS Atasi Trauma

Kompas.com - 26/02/2016, 05:00 WIB
Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Ni'am saat berada di kantornya, Jumat (9/10/2015) Kompas.com/Alsadad RudiKetua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Ni'am saat berada di kantornya, Jumat (9/10/2015)
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan akan mendampingi remaja pria berinisial DS (17) untuk mengatasi trauma hingga korban pelecehan pedangdut Saipul Jamil (35) itu sembuh.

"KPAI concern atas kasus pencabulan yang dialami DS atas tiga hal, rehabilitasi, pendidikan dan hak-hak dasar anak," jelas ketua KPAI M Asrorun Ni'am Sholeh saat menggelar jumpa pers di kantor KPAI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (25/2/2016).

DS menyambut pernyataan tersebut. Dia langsung menjalani rehabilitasi tahap awal di KPAI.

"Tahap awal assessment atas korban ditangani Ibu Nur Hidayah, korban secara kusus konseling di tahap assessment oleh tenaga ahli," tutur Asrorun.

Lanjut Asrorun, rehabilitasi tersebut meliputi pengalihan trauma korban dengan kegiatan yang positif yang tentunya disukai DS.

"Termasuk pendampingan keluarga, mengisi kekosongan dengan kegiatan. DS ini suka futsal, itu yang kami dorong, menghilangkan yang lalu dengan kegiatan-kegiatan positif. Supaya tidak sendirian," papar Asrorun.

Sementara menurut ahli yang menangani DS, Nur Hidayah, trauma yang dialami remaja yang masih duduk di bangku kelas 3 SMU ini belum bisa dikategorikan ringan atau berat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami belum bisa mengatakan apakah itu ringan, sedang atau berat, setelah adakan konseling kami olah dulu. Enggak bisa begitu cepat menyimpulkan, tetapi kami tidak bisa terlalu lama juga, karena butuh perkenalan dulu. kami bawa dia enjoy, supaya bisa enak menyampaikannya," ujar Nur.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.