Ahli Hukum Tata Negara: Tampaknya Zaskia Gotik Lalai dan Teledor

Kompas.com - 20/03/2016, 15:56 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Ahli hukum tata negara Margarito Kamis mengatakan bahwa penyanyi dangdut Zaskia Gotik, yang dianggap menghina Pancasila, tampaknya lalai dan teledor.

"Lambang negara tidak boleh dibikin lelucon, maka itu disebut melecehkan dan menghina. Itu yang mesti kita ingatkan," tutur Margarito kepada Kompas.com dalam wawancara per telepon, Minggu (20/3/2016).

"Cuma, saya tangkap, tampaknya dia memang lalai dan teledor. Pengacaranya bilang dia minta maaf," sambungnya.

Margarito memberi tanggapan Itu setelah memperhatikan sendiri konteks kejadian Zaskia memberi jawaban yang dianggap menghina Pancasila pada segmen "Cerdas Cermat" dalam acara Dahsyat edisi Selasa lalu (15/3/2016) di layar kaca RCTI.

Mantan staf khusus Menteri Sekretaris Negara ini menduga bahwa Zaskia mungkin memberi jawaban itu karena terbawa suasana panggung.

"Cukup beralasan untuk tidak menyebut tindakan itu sebagai pelecehan dan menghina lambang negara, karena bisa jadi dia terpenetrasi suasana panggung," tuturnya.

Apalagi, merujuk ke pernyataan kuasa hukum Zaskia, Sunan Kalijaga, bahwa pendidikan kliennya itu tidak tinggi, tak sampai lulus SMP.

"Pertama, kalau misalnya dia dari awal tidak meniatkan menghina; kedua, kalau betul seperti diberitakan bahwa level pendidikannya segitu aja, maka menurut saya sudah lah tidak usah dihukum," ucapnya.

Telah diberitakan, dalam acara tersebut Zaskia ditanya kapan Proklamasi Kemerdekaan RI, ia menjawab, "Setelah adzan subuh… tanggal 32 Agustus."

Selanjutnya, ketika ditanya apa lambang sila kelima Pancasila, ia menjawab, "Bebek nungging."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.