Puncak-puncak Rossa

Kompas.com - 15/05/2016, 18:11 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Industri musik bukan lautan tenang tanpa riak dan gelombang.
Namun, apabila ada yang mampu mengarunginya selama 20 tahun nyaris tanpa hambatan berarti, dia adalah Sri Rossa Roslaina Handayani (37). Penyanyi pemilik nama panggung Rossa, asal Sumedang, Jawa Barat.

Dua puluh tahun lalu, tepatnya tahun 1996, Rossa membawa Sumedang ke panggung musik Tanah Air.

Album pertamanya, Nada-nada Cinta, meledak di pasaran. Kombinasi antara lagu dan lirik yang bagus, suara indah bak buluh perindu, serta sosok Rossa yang imut dan menggemaskan menjadi formula ampuh untuk membuka jalan Rossa di panggung musik Tanah Air.

Bersama Nada-nada Cinta, Rossa menjejakkan kakinya di panggung musik Tanah Air yang mahaluas.

"Aku konser sama Erwin Gutawa, Chrisye, Koes Plus, waktu itu culun pakai rok. Sampai sekarang masih inget," ujar Rossa dengan tawa berderai saat ditemui di Koi Kemang, Jakarta Selatan, Maret lalu.

Jejaknya 20 tahun lalu itu kini telah mengantarkan Rossa menjadi salah satu "diva" musik Tanah Air.

Selain berhasil menjual 5 juta album di Indonesia, Rossa juga menyabet berbagai penghargaan dari dunia musik, baik di Tanah Air maupun internasional.

Lagu-lagu yang dibawakan Rossa hampir selalu menjadi hit. Rossa juga menggelar konser tak hanya di dalam negeri, tetapi juga ke sejumlah negeri jiran, sebagai tanda perjalanan kariernya yang cemerlang.

"Selama 20 tahun berkarier di musik, kayaknya semuanya smooth-smooth aja. Mungkin karena aku memang agak susah mengingat hal-hal yang membuat hidupku rumit. Aku punya selected memory dan memilih fokus pada hal-hal yang membuat happy, lebih maju. Enggak mau mikir hal-hal yang menghambat, yang sedih-sedih, atau yang sakit-sakit. Kayak makan cabe aja, pedes, tapi habis itu makan lagi," katanya riang.

Gaya bicaranya masih tetap sama dengan kali pertama kemunculannya dulu. Ramai, meledak-ledak dengan tawa yang berderai-derai. Tanpa jarak.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X