Ikke Nurjanah Siap ke Amerika Serikat

Kompas.com - 02/07/2016, 18:18 WIB
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Hati penyanyi dangdut Ikke Nurjanah sedang deg-degan, tetapi bukan karena hendak bertemu tambatan hati. Ia berdebar-debar karena harus bersiap menghadiri diskusi tentang bukunya, Diary Dangdut Ikke Nurjanah, di Universitas Pittsburgh di Pennsylvania, Amerika Serikat. Maklum, Ikke merasa, di forum yang bakal dihadiri banyak orang itu, dirinya tidak mungkin menggunakan bahasa Inggris untuk sehari-hari.

"Aku heran, mengapa Profesor Andrew Weintraub yakin tak perlu penerjemah untuk berbicara di forum itu. Padahal, aku belum berani bicara (tanpa penerjemah)," tuturnya saat ditemui di Jakarta, Selasa (28/6) malam.

Andrew Weintraub, peneliti sekaligus penggemar musik dangdut, adalah pengajar di Departemen Musik Etnik Universitas Pittsburgh. Ikke bisa berbahasa Inggris, tetapi tak cukup percaya diri jika harus menyampaikan presentasi dalam diskusi. "Iih, aku deg-degan nih," lanjutnya.

Perempuan yang sudah 25 tahun menyanyi dangdut itu bakal bertolak ke AS pada 14 Juli mendatang. Ia mendapat undangan untuk konser sekaligus diskusi tentang bukunya yang terbit tahun 2015 itu. Ia akan manggung di Washington DC, New York, dan Universitas Pittsburgh, Pennsylvania.

Sepuluh tahun lalu, pelantun lagu "Terajana" ini juga pernah diundang ke Pittsburgh. Namun, waktu itu ia belum membuat buku tentang musik dangdut. "Supaya lebih lancar, aku harus ngebut belajar bahasa Inggrisnih," kata Ikke. (TRI)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 2 Juli 2016, di halaman 32 dengan judul "Siap ke Amerika Serikat".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.