Tio Pakusadewo: Jadi Soekarno Tidak Boleh Sembarangan

Kompas.com - 03/08/2016, 16:02 WIB
Tio Pakusadewo menghadiri jumpa pera film dokumenter sejarah Pantja Sila: Cita-cita & Realitadi di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (3/8/2016). KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWANTio Pakusadewo menghadiri jumpa pera film dokumenter sejarah Pantja Sila: Cita-cita & Realitadi di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (3/8/2016).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Tio Pakusadewo mengungkapkan beban memerankan karakter Soekarno dalam film dokumenter sejarah berjudul Pantja Sila: Cita-cita & Realita.

"Enggak boleh sembarangan, enggak boleh menyimpang dari figur aslinya tersebut," kata Tio setelah screening film tersebut di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (3/8/2016).

Tio mengatakan sudah meminta izin kepada keluarga Presiden I RI tersebut. Bahkan, Tio juga mengunjungi makam Soekarno sebelum proses shooting dilaksanakan.

Proses shooting dilaksanakan pada 2015 lalu dengan berlokasi di Ciputat, Jakarta Selatan.

"Saya sowan ke kuburan, makamnya Bung Karno juga, saya nyekar. Setelah itu baru mulai shooting," kata dia.

Film tersebut mengangkat kisah pidato Soekarno pada 1 Juni 1945 yang mengusulkan lima prinsip dasar negara, yang kemudian menjadi Pancasila tersebut.

Di situ, Tio melakukan monolog dengan durasi film sekitar 70 menit tersebut. Film Pantja Sila: Cita-cita & Realita dijadwalkan akan tayang pada 17 Agustus 2016 di seluruh jaringan bioskop Tanah Air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.