Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tio Pakusadewo: Jadi Soekarno Tidak Boleh Sembarangan

Kompas.com - 03/08/2016, 16:02 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Tio Pakusadewo mengungkapkan beban memerankan karakter Soekarno dalam film dokumenter sejarah berjudul Pantja Sila: Cita-cita & Realita.

"Enggak boleh sembarangan, enggak boleh menyimpang dari figur aslinya tersebut," kata Tio setelah screening film tersebut di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (3/8/2016).

Tio mengatakan sudah meminta izin kepada keluarga Presiden I RI tersebut. Bahkan, Tio juga mengunjungi makam Soekarno sebelum proses shooting dilaksanakan.

Proses shooting dilaksanakan pada 2015 lalu dengan berlokasi di Ciputat, Jakarta Selatan.

"Saya sowan ke kuburan, makamnya Bung Karno juga, saya nyekar. Setelah itu baru mulai shooting," kata dia.

Film tersebut mengangkat kisah pidato Soekarno pada 1 Juni 1945 yang mengusulkan lima prinsip dasar negara, yang kemudian menjadi Pancasila tersebut.

Di situ, Tio melakukan monolog dengan durasi film sekitar 70 menit tersebut. Film Pantja Sila: Cita-cita & Realita dijadwalkan akan tayang pada 17 Agustus 2016 di seluruh jaringan bioskop Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com