Walau Cedera, Karina Salim Tetap Menari Balet

Kompas.com - 10/08/2016, 22:27 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Meski tengah merintis karier dalam industri hiburan Tanah Air, artis peran sekaligus penyanyi Karina Salim tak pernah meninggalkan kecintaannya kepada balet.

Buat Karina, balet tidak hanya membuatnya nyaman, tetapi sudah menjadi salah satu bagian terpenting dalam hidupnya.

"Sudah bukan enjoy lagi, tapi ini lebih dari enjoy. Kalau lagi ada waktu di rumah, aku selalu anggap tari (balet) sebagai olahraga aku. Jadi, meskipun sekarang ada kesempatan karier di akting dan nyanyi, aku tidak akan tinggalkan tari," ungkap pemain film Raksasa dari Jogja ini ketika ditemui tabloidnova.com beberapa waktu lalu di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Sebagai perempuan yang sudah menekuni balet sejak usia empat tahun, Karina suka merasa miris dengan kurangnya perhatian masyarakat dan pemerintah terhadap perkembangan balet di Indonesia.

Padahal, menurut Karina, banyak dari teman-temannya yang penari balet berhasil menorehkan prestasi untuk Indonesia dalam kompetisi balet internasional.

"Saya punya sahabat yang pulang dari London, mereka ikut lomba tari balet ternama dan menang di sana. Tapi, saya pilu karena harusnya berita itu banyak yang tahu," katanya

"Belum lagi ada beberapa penari balet di bulan Agustus ini akan lomba ke Hongkong dan Shanghai. Ini seperti ajang olimpiadenya balet," sambungnya.

"Ya, saya sih berharap, dengan makin banyak orang Indonesia yang menang lomba balet di luar negeri, makin banyak juga dukungan dari pemerintah dan masyarakat untuk mereka," katanya lagi.

Ketika ditanya apakah selama ini Karina pernah mengalami cedera karena menari balet, perempuan berusia 24 tahun yang baru saja dilamar kekasih hatinya ini langsung tersenyum.

"Sering banget. Saya bahkan pernah cedera di ankle (tumit), waktu itu lagi pementasan teater Onrop karya Mas Joko Anwar dan ankle saya geser," kenangnya.

Lantaran cedera itu, Karina mengaku sedih karena beberapa gerakan balet tidak bisa ia lakukan.

Ia harus sabar untuk tidak melakukan gerakan balet selama hampir tiga bulan.

"Cuma kadang saya suka maksa. Kalau mau nari ya nari saja. Cuma kalau sudah kerasa enggak enak, ya enggak saya paksain,” lanjut cucu dari pahlawan nasional Haji Agus Salim ini. (Caroline Pramantie/Okki Margaretha)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.