Reaksi Ikke Nurjanah Saat Tahu Dangdut Jadi Bahan Kuliah di AS

Kompas.com - 19/08/2016, 13:05 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dangdut Ikke Nurjanah mengaku dihinggapi rasa sedih ketika tahu musik dangdut menjadi bagian mata kuliah Bahasa Indonesia di Amerika Serikat. Sebab di negeri sendiri, dangdut tidak mendapat perhatian.

"Agak sedih kalau di tempat kita sendiri (dangdut) dianggap enggak penting. Mungkin hanya perlu waktu dan proses. Orang suka atau enggak itu kan hak ya," kata Ikke dalam jumpa pers acara "Amerika Terlena Dangdut 2016" di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (18/8/2016).

Saat berkunjung di Pittsburgh University, Amerika Serikat pada 2010 lalu, Ikke diminta untuk menjadi dosen tamu dengan materi musik dangdut. Di situ ia melihat antusiasme para mahasiswa yang menganggap dangdut itu unik.

Ikke sadar bahwa dangdut masih tak mendapat tempat di hati anak muda Indonesia. Namun ia yakin, melalui program "Amerika Terlena Dangdut 2016", mata masyarakat akan terbuka bahwa dangdut adalah musik khas Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri.

"Cuma buat aku di antara kita bagaimana kasih tahu kalau dangdut itu bukan lucu-lucuan aja. Itu kan sebenarnya bukan butuh ngomong doang, tapi ada pembuktian," ungkapnya.

Ikke Nurjanah akan berangkat ke Amerika Serikat pada 1 September 2016 mendatang dalam program "Amerika Terlena Dangdut 2016".

Nantinya ibu satu anak ini akan membawakan materi tentang dangdut dan bedah buku "Diary Dangdut Ikke Nurjanah" di kampus Pittsburg University, Amerika Serikat, serta Library of Congres di Washington D.C.

Tak hanya itu, Ikke juga akan manggung di beberapa kota yakni Washington D.C, Philadelphia dan New York.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.