"Post-Cinema" Garin Nugroho

Kompas.com - 04/09/2016, 15:00 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- "Post-cinema". Itulah mungkin kata bentukan yang tepat untuk menggambarkan pencapaian Garin Nugroho lewat film Setan Jawa.

Sutradara yang telah berkarya selama 35 tahun itu menghancurkan batas-batas rigid tentang apa yang disebut sinema atau bioskop dengan seni pertunjukan.

Secara dinamis kemudian terjadi "dialog" antar-ruang: film dan panggung.
 
Setan Jawa yang diputar pada Sabtu-Minggu (3-4/9/2016) di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), berbasis film bisu hitam putih.

Hal ini mengingatkan masa-masa awal tumbuhnya dunia sinema di satu tempat bernama L'Eden Theatre yang terletak di kota La Ciotat, sebuah kota pelabuhan di Perancis selatan.

Bioskop yang dibangun Auguste Lumiere dan Louis Lumiere tahun 1895 itu menggunakan alat bernama cinematographe, sebuah modifikasi dari kinetoscope ciptaan Thomas Alva Edison.

Jika kinetoscope menghasilkan gambar hidup, yang hanya bisa dilihat dari semacam jendela kecil, cinematographe memproyeksikannya untuk ditonton banyak pemirsa.

Sejak penemuan cinematographe dan kemudian dilembagakan dalam bioskop, mulailah era baru dunia hiburan pada akhir abad ke-19 itu.

Setelah masuk ke Indonesia (Hindia Belanda) tahun 1900, bioskop menjadi satu bentuk lembaga yang rigid.

Pencapaian kultur bioskop seolah berhenti di dalam gedung dengan penonton yang lebih banyak pasif.

Sementara gambar-gambar di layar bergerak sendiri tanpa olahan yang lebih impresif.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.