Koboi Mulia Melawan Angkara Murka

Kompas.com - 25/09/2016, 17:00 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pada masa lalu, kehidupan di negeri Barat, tepatnya Amerika Serikat, kerap digambarkan serba liar berlipat-lipat.

Nyaris tak ada satu pun persoalan yang muncul tidak diselesaikan tanpa melibatkan desingan peluru dan letusan senapan.

Kondisi semacam itu digambarkan secara pas lewat kalimat "wild wild west", dengan dua kali pengulangan di kata "liar" (wild) sebagai penekanan.

Duel bersenjata satu lawan satu, satu lawan banyak, atau banyak melawan satu orang, menjadi pemandangan biasa dilakukan.

Baik antara penegak hukum maupun pelaku kriminal, antara pemburu hadiah dan para penjahat buruannya, atau antara rakyat petani jelata dan pemilik modal besar seperti di kota kecil Rose Creek.

Dikisahkan, kota yang berada di kawasan lembah subur itu ingin dikuasai sepenuhnya oleh pengusaha tambang emas yang tak hanya rakus, tetapi juga kejam, Bartholomew Bogue (Peter Sarsgaard).

Bogue memaksa para petani menyerahkan dan menjual tanah mereka dengan harga murah demi rencana perluasan area tambangnya.

Sementara keberadaan tambang emas Bogue sendiri sudah kerap dikeluhkan merusak dan meracuni tanah serta air sungai sumber kehidupan para warga petani.

Saat warga dan pendeta tengah menggelar rapat membahas masalah itu, dengan arogan Bogue beserta para anak buahnya yang bersenjata merangsek masuk ke dalam gereja tempat pertemuan digelar.

Di mimbar, Bogue dengan jemawa menyebut keberadaan para petani, warga kota, bahkan Tuhan dan gereja sekalipun telah menghalangi kapitalisme.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X