Bahasa Hongaria Bikin Reza Rahadian Deg-degan

Kompas.com - 25/10/2016, 10:13 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Reza Rahadian mengaku sempat berdebar-debar saat akan mempelajari bahasa Hongaria.

Pasalnya, ia dituntut untuk bisa berbahasa Hongaria dalam film terbarunya, Surga yang Tak Dirindukan 2. Karakter dokter Syarif yang ia perankan merupakan Hongaria.

"Saya awalnya deg-degan karena bahasanya susah sekali, artikulasinya juga susah, pronunciation-nya juga susah. Tapi alhamdulillah bisa," ujarnya dalam wawancara usai jumpa fans di Summarecon Mall, Bekasi, Jawa Barat, Senin (24/10/2016) malam.

"Harus berbahasa Hongaria di beberapa adegan bersama anak-anak kecil dan rekan dokter lainnya. Itu mungkin yang agak sulit," tambahnya.

Dari semua bahasa asing yang Reza pelajari untuk kepentingan film-filmnya dari Jerman hingga Belanda, ia menyebut bahasa Hongaria yang paling susah.

"Karena bunyi bahasanya tuh spesifik banget. Tulisannya juga saya enggak ngerti. Antara cara baca itu lumayan sulit. Beda bunyi beda arti walaupun katanya sama. Jadi itu yang paling sulit," ucapnya.

Ia membutuhkan waktu sekitar dua pekan agar bisa lancar bercuap-cuap dengan bahasa Hongaria.

"Fokus langsung kepada dialog-dialognya dalam film. Untungnya ada orang Hongaria yang mengajar. Dia kebetulan kuliah di Yogyakarta. Dia membantu kami-kami yang harus ada dialog Hongaria," kata Reza.

Meski merasa kesulitan, pemain film My Stupid Boss ini sebenarnya senang bisa mempelajari bahasa baru lagi.

"Artinya punya kesempatan untuk bereksplorasi dengan bahasa asing yang baru," ujarnya sambil tersenyum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.