Addie MS Berharap Indonesia Bisa Tetap seperti Orkestra

Kompas.com - 06/01/2017, 10:20 WIB
Komposer Addie Muljadi Sumaatmadja di sela pembuatan video klip sebagai bentuk dukungan untuk calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), di ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta Barat, Kamis (5/1/2017). KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOKomposer Addie Muljadi Sumaatmadja di sela pembuatan video klip sebagai bentuk dukungan untuk calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), di ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta Barat, Kamis (5/1/2017).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Konduktor orkestra Addie MS berharap bangsa Indonesia bisa tetap harmonis layaknya sebuah orkestra.

Pasalnya, ia menyadari bangsa yang kaya akan suku, ras, dan agama ini punya potensi perpecahan karena perbedaan itu.

"Mudah-mudahan tetap akrab, mesra, dan bersatu sebagai bangsa besar yang bisa menerima perbedaan, ramah, seperti orkestra," katanya dalam wawancara di Taman Kalijodo, Jakarta Barat, Kamis (5/1/2017).

Ia mengatakan bahwa dalam orkestra terdapat berbagai macam alat musik, ada instrumen yang dipetik, digesek, ditiup, dipukul, dan lainnya.

Meski memiliki bunyi yang berbeda-beda, sebuah orkestra tetap bisa menghasilkan melodi yang harmonis.

"Ada biola digesek, trompet ditiup, dan macam-macam suaranya kan. Note dan nada enggak sama, kenapa bisa jadi harmoni yang baik dan sinergis?" ujar Addie.

"Karena ada komitmen kebersamaan di bawah satu kepemimpinan. Maka, yang muncul bunyi harmonis. Mudah-mudahan bangsa Indonesia bisa seperti itu," tambah suami penyanyi Memes itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.