Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komposer Tya Subiakto Gubah Pidato Agus Yudhoyono Jadi Karya Musik

Kompas.com - 10/02/2017, 18:37 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penata musik kawakan, Tya Subiakto, menggubah pidato politik ketiga calon gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menjadi karya musik.

Ini sebagai bentuk dukungannya terhadap calon nomor satu itu.

Sebagai informasi, pidato politik ketiga Agus itu disampaikannya di Balai Kartini, Minggu (27/11/2017) lalu.

"Saya terinspirasi oleh pidato-pidato Mas Agus. Yang paling menginspirasi saya adalah pidato politiknya yang ketiga," ujarnya dalam wawancara di AHY Command Center (ACC), Wijaya I, Jakarta Selatan, Jumat (10/2/2017).

"Saya melihat Mas Agus gerilya sendiri, dia turun ke lapangan, bener-bener mendengarkan keluhan, ketakutan, dan kecemasan masyarakat. Karena itu saya mendukung Mas Agus dengan membuat ini (musik)," tambahnya.

Karya Tya itu kemudian dikemas dalam bentuk klip video, di mana ada 18 pesohor hiburan Tanah Air mengucapkan penggalan pidato itu dengan iringan musik.

Mereka di antaranya, Eko Patrio sebagai inisiator, Naga "Lyla", Satrio "Alexa", Pasha "Ungu", Dede Yusuf, Anang Hermansyah, Lucky Hakim, Azerty Bilbina, Venna Melinda, dan lainnya.

"Kami melakukan freestyle mengekspresikan pidato mas Agus sesuai dengan karakter masing-masing," ujar Tya.

Peraih trofi FFB sebagai Penata Musik Terpuji untuk film Sang Pencerah ini mengaku membutuhkan waktu lima jam memilah pidato Agus untuk kemudian digubah menjadi lirik musik.

"Saya memilih pidato ketiga karena bener-bener langsung mengena dengan suara saya, terpatri dalam hati. Menurutku wah gilang ini greng nih," ucap Tya.

"Keseluruhan pembuatan musik, shooting video, dan mixing, itu lima hari. Saya sudah terbiasa bekerja cepat," lanjut Tya.

Eko menimpali, musik video tersebut sebagai salah satu cara menyuarakan dukungan sejumlah pelaku industri hiburan Tanah Air.

"Kami memberikan cara yang terbaik agar programnya mas Agus dan mpok Sylvi tersampaikan. Maka pekerja seni punya inisiatif bikin video clip. Di-support oleh teman-teman Mas Agus yang di dunia seni," kata Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com