Nasib Ridho Rhoma Ditentukan Tiga Hari Lagi

Kompas.com - 27/03/2017, 18:49 WIB
Ridho Rhoma. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMORidho Rhoma.
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi dangdut Ridho Rhoma hari ini menjalani pemeriksaan kadar narkotika dalam darah dan rambutnya di gedung Badan Narkotika Nasional (BNN), Cawang, Jakarta Timur, Senin (27/3/2017).

Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Irjen Armand Depari, mengungkapkan hasil tes laboratorium putra Raja Dangdut Rhoma Irama itu baru akan keluar tiga hari lagi. Setelah itu baru bisa ditentukan apakah Ridho perlu direhabilitasi atau tidak.

"Hasilnya kurang lebih tiga hari. Setelah itu akan dilakukan assessment oleh tim assessment terpadu. Kesimpulan tim assessment ini nanti akan digunakan untuk memutuskan apakah yang bersangkutan perlu dilakukan rehabilitasi atau tidak," ujar Armand di Gedung BNN, Senin sore.

Pihaknya hanya mengambil sampel darah dan rambut karena pemeriksaan urine sebelumnya sudah dilakukan oleh penyidik Polres Jakarta Barat. Hasilnya menyatakan Ridho positif mengonsumsi narkoba jenis sabu.

Sementara untuk tes narkoba lewat darah dan rambut, bisa memberikan kejelasan tingkat kecanduan atau sudah berapa lama Ridho mengonsumsi narkoba.

"Rangkaian pemeriksaan darah dan rambut untuk mengetahui tingkat dan lama pemakaian yang bersangkutan apakah sudah kronis atau belum," ujar Armand.

Bukan cuma pemeriksaan secara laboratoris yang mereka butuhkan untuk menyimpulkan Ridho direhab atau tidak, tetapi juga tes kejiwaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dilakukan oleh psikolog yang menjadi salah satu anggota tim assessment. Kalau misalnya hasil tim assessment tidak merekomendasikan rehabilitasi, maka kami tidak perlu rehab (Ridho)," tambahnya.

Ridho ditangkap di sebuah hotel di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat, atas kepemilikan dan konsumsi narkotika jenis sabu, Sabtu (25/3/2017) dini hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.