Christine Hakim: Bayangkan Apa yang Akan Terjadi pada NKRI

Kompas.com - 10/04/2017, 15:21 WIB
Christine Hakim diabadikan usai ditemui dalam acara Creative Economy and Cultural Industries in a Digital World di Hotel Harris Vertu, Harmoni, Jakarta, Rabu ( 29/3/2017). KOMPAS.com/SINTIA ASTARINAChristine Hakim diabadikan usai ditemui dalam acara Creative Economy and Cultural Industries in a Digital World di Hotel Harris Vertu, Harmoni, Jakarta, Rabu ( 29/3/2017).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran senior Christine Hakim banyak memetik pengalaman setelah menjadi pemain dalam film Kartini karya sutradara Hanung Bramantyo. Salah satunya kata Christine, adalah memahami keputusan Kartini ketika dihadapkan pada dua pilihan.

Kartini diketahui memilih memperjuangkan pendidikan bersama kaumnya daripada menerima beasiswa di Belanda.

"Kartini sudah memilih dengan segala konsekuensinya untuk tetap memajukan kaumnya dan bangsanya untuk tetap berpijak pada akar budaya nenek moyangnya," ujar Christine dalam peluncuran buku "Di Balik Layar Film Kartini", di Galeri Indonesia Kaya (GIK), Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (9/4/2017).

Christine menilai pembelajaran ini penting baginya. Namun, kata dia, saat ini banyak sekolah-sekolah unggulan di Indonesia yang sudah mengesampingkan metode belajar dengan pengantar bahasa Indonesia.

"Terus terang, jujur, saya melihat ada sekolah-sekolah unggulan itu bahasa Indonesia bahasa ketiga. Bahasa asing bahas pertama," kata dia.

"Padahal sebelum NKRI berdiri, bahasa itu sudah mengikat kita. Bayangkan apa yang akan terjadi pada NKRI ke depannya? Karena bahasa itu adalah produk budaya."

"Kita punya lebih dari satu loh bahasa. Produk budaya bahasa itu bagaimana yang mau kita ajarkan sopan santun kalau, 'Hi mom!', 'Okay'," tambah dia.

Selain pemain film biopik Tjoet Nja' Dhien itu, ada artis peran Acha Septriasa yang tengah hamil muda. Ada wejangan yang diberikan Christine kepada pemeran Roekmini dalam film Kartini itu.

"Kamu jangan gitu ya nanti. Ajarin bahasa Jawa. Soalnya lagi hamil nih Acha," ujar Christine sambil mengusap perut Acha.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X