Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Surat-surat Kartini" Dibacakan Para Perempuan dari Berbagai Profesi

Kompas.com - 11/04/2017, 21:49 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Acara peringatan Hari Kartini bertajuk "Panggung Perempuan Kartini" digelar di Museum Bank Indonesia, Jakarta, pada Selasa (11/4/2017).

Dalam acara tersebut, surat-surat Kartini yang menceritakan keadaan Jawa pada akhir 1800 hingga awal 1900, dibacakan oleh para perempuan dari berbagai profesi.

Surat bernada puitis yang ditulis oleh RA Kartini itu dibacakan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi, presenter Najwa Sihab serta deretan artis Gita Gutawa, Dian Sastrowardoyo, Maudy Ayunda, Christine Hakim, Chelsea Islan, dan masih banyak lagi.

Namun, hujan deras memaksa gelaran "Panggung Perempuan Kartini" dipindahkan ke dalam ruangan.

Setelah itu, acara baru dimulai pada pukul 20.10 WIB dengan diawali penampilan Gita yang membacakan surat Kartini tentang detail gamelan, sajak, dan nyanyian.

Tidak hanya itu, Gita juga sempat melantunkan sepenggal lagu saat berdiri di panggung Perempuan Kartini.

"Habis malam datanglah cahaya / Habis topan datanglah rebak / Habis juang datanglah mulia / Habis duka datanglah suka //" ucapnya.

Setelah Gita, ada musikalisasi puisi dalam bahasa Jawa yang disajikan musisi Kartika Yahya sebelum Retno membacakan surat Kartini untuk "Nyonya Abendanon-Mandri" yang memuat keinginan Kartini untuk bersekolah di Belanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com