Walau Galau, Balawan Tak Lelah Promosikan Indonesia

Kompas.com - 29/05/2017, 15:00 WIB
Gitaris I Wayan Balawan di Komunitas Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (4/8/2015) KOMPAS.com/THALIA SHELYNDRA WENDRANIRSAGitaris I Wayan Balawan di Komunitas Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (4/8/2015)
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Setelah tampil dalam konser dan produksi film Bali: Beats of Paradise yang diprakarsai Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Los Angeles, Amerika Serikat, bersama sutradara Livi Zheng, pekan lalu, gitaris asal Gianyar, Bali, I Wayan Balawan (45), justru merasa galau jika mengingat kondisi Tanah Air saat ini.

"Saat bule-bule itu memberikan apresiasi atas seni dan budaya yang kita mainkan dan tampilkan lewat musik, gamelan, dan tari, sebagian dari kita di Indonesia justru tengah mengoyak-ngoyak keberagaman dan kebinekaan kita. Ujaran dan sikap mereka membahayakan dan membuat kita malu, sedih, dan prihatin," ujar Balawan di Denpasar, Bali, pekan lalu.

Baca juga: Livi Zheng dan Musisi Indonesia Sukses Gelar Konser di Los Angeles

Pada konser tersebut, Belawan berkolaborasi dengan I Nyoman Wenten, guru besar gamelan di AS; dan istrinya, Nanik Wenten, yang juga koreografer tari.

Balawan tak hanya memainkan komposisi lagu-lagunya sendiri, tetapi juga lagu-lagu daerah, seperti "Keroncong Kemayoran" dan "Bubuy Bulan" (Jawa Barat), yang dipadu dengan musik pentatonik Bali.

Baca juga: Balawan: Musisi Indonesian Kini Cenderung Google Training dan Youtube Training

Di tengah kondisi Indonesia seperti itu, Balawan memang tak lelah mengenalkan Bali dan Indonesia.

"Apa pun yang terjadi, saya tetap mempromosikan Indonesia," ujarnya.

Akhir Mei ini, Belawan akan tampil di Perancis, Belgia, Belanda, dan Austria. (HAR)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 29 Mei 2017, di halaman 32 dengan judul "Memperkenalkan Indonesia".



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X