Slank Fokus pada Kandungan Lirik Lagu Religi daripada Penampilan

Kompas.com - 05/06/2017, 21:28 WIB
Slank diabadikan dalam acara Ngobrol Santai Antikorupsi bersama KPK dan ICW di markas Slank di Gang Potlot III, Jakarta Selatan, Rabu (12/4/2017) malam. KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGSlank diabadikan dalam acara Ngobrol Santai Antikorupsi bersama KPK dan ICW di markas Slank di Gang Potlot III, Jakarta Selatan, Rabu (12/4/2017) malam.
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi grup band Slank, lagu religi adalah tentang pesan yang disampaikan lewat nyanyian, bukan soal penampilan saja.

Ini diungkapkan sang gitaris, Ridho Hafiedz, ketika ditanya adakah rencana Slank membuat album religi kedua.

"Religi kan enggak harus pakai baju koko terus peci dan enggak harus di Ramadhan. Enggak harus pakai kopiah terus nyanyi, buat kami bukan itu sih sebenarnya (maknanya)," ucapnya dalam wawancara di Kemendikbud, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2017) sore.

Karena itu, Slank lebih mengedepankan makna dari lagu mereka. Jika dicermati, Ridho menjelaskan sebenarnya seluruh karya Slank memuat unsur religi, tak perlu dibuat secara khusus. Sebab, mengajak berbuat kebaikan menurut mereka adalah suatu bentuk religi.

"Misalnya lagu 'Seperti Para Koruptor', itukan bagian dari religi. Lu jangan korupsi kalau lu mau masuk surga," kata Ridho.

Seperti pada album religi pertama mereka berjudul D.O.A. Musik mereka tetap mengentak, liriknya masih apa adanya dan mengandung ajakan positif, setia pada ciri khas Slank.

Ridho mengatakan, dengan musik yang ringan dan lirik yang mudah dicerna itu justru memudahkan mereka menyampaikan pesan "religi" kepada semua orang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sekarang gini deh, gue bukan membanding bandingkan, tapi pada saat kita bikin religi yang orang-orang pikirkan harus seperti itu, apa kalian bisa nyanyikan di kafe? Kalau Slank bisa," ujarnya.

"Kami bisa bernyanyi, berdakwah di mana pun kami berada tempatnya. Semua orang punya pendekatan masing-masing, tapi kalau buat kami, lagu religi buat Slank tuh banyak yang misinya dan pesannya pesan rohani religi," kata Ridho lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.